Ilmuwan Ciptakan Nanozymes Organik untuk Pertanian, Apa Itu?

Kompas.com - 22/10/2023, 09:32 WIB
Usi Sulastri,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Tantangan besar dihadapi oleh petani di seluruh dunia, termasuk perubahan iklim, penyakit tanaman, dan masalah keberlanjutan.

Dalam upaya untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan mengurangi penggunaan pestisida kimia, ilmuwan telah berupaya untuk mengembangkan solusi yang lebih ramah lingkungan.

Baca juga: Apakah Penggunaan Plastik di Pertanian Bisa Lebih Ramah Lingkungan?

Ilmuwan dari University of Illinois Urbana-Champaign telah mengembangkan nanozyme yang organik, tidak beracun, ramah lingkungan, dan hemat biaya, dikutip dari Science Daily edisi 16/10/2023.

Nanozyme organik yang cocok untuk pertanian

Nanozymes adalah bahan sintetis yang meniru sifat enzim alami dalam bidang biomedis dan teknik kimia.

Pengembangan nanozymes dimulai sekitar 15 tahun lalu ketika nanopartikel oksida besi ditemukan memiliki aktivitas katalitik seperti peroksidase.

Nanozymes memiliki stabilitas tinggi dan biaya produksi yang rendah, sehingga digunakan dalam penelitian biomedis, termasuk sebagai biosensor untuk mendiagnosis penyakit.

"Penelitian kami menjadi pionir dalam pengembangan nanozymes organik sepenuhnya (nanozymes OC) yang menampilkan aktivitas serupa dengan peroksidase," ujar Dong Hoon Lee, mahasiswa doktoral di Department of Agricultural and Biological Engineering (ABE), of the College of Agricultural.

Nanozyme OC mengikuti aktivitas katalitik enzim alami, tetapi sebagian besar didasarkan pada senyawa organik yang bersahabat dengan pertanian, seperti urea yang berperan sebagai agen chelating, serta alkohol polivinil untuk menjaga kestabilan partikel.

Peningkatan permintaan pengujian pestisida dan herbisida dalam pertanian untuk melindungi kesehatan manusia dan tanaman telah mendorong upaya pengembangan platform uji berbasis nanozyme OC yang mudah digunakan oleh petani dan konsumen.