Mengapa Manusia Sensitif terhadap Rasa Sakit? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 17/10/2023, 14:03 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Ada alasan mengapa manusia sensitif terhadap rasa sakit. Salah satunya penyebabnya yakni berkaitan dengan genom yang diwariskan oleh nenek moyang manusia.

Menariknya, genom yang menyebabkan manusia sensitif terhadap rasa sakit ini tidak berhubungan langsung dengan Homo sapiens, melainkan Neanderthal yang merupakan sepupu manusia modern.

Penelitian menyebutkan, Homo sapiens dan Neanderthal pernah melakukan perkawinan.

Bertahun-tahun sejak genom manusia purba Neanderthal pertama kali diurutkan, para ahli genetika telah mengintip untuk mencari jejak kelompok manusia yang telah punah ini dalam gen kita.

Baca juga: Mengapa Manusia Memiliki Kuku?

Dikutip dari Popular Science, Sabtu (14/10/2023) di sejumlah penelitian kehadiran gen kuno Neanderthal hasil perkawinan tersebut berpengaruh pada manusia modern.

Manusia sensitif terhadap rasa sakit

Kehadiran gen-gen kuno yang diwariskan manusia purba ini dapat menjadi pembawa penyakit lebih berisiko, dan juga memengaruhi bentuk hidung.

Terbaru, gen dari manusia Neanderthal bahkan membuat beberapa orang lebih sensitif terhadap rasa sakit.

Studi yang dipublikasikan 10 Oktober di jurnal Communication Biology itu menemukan, mereka yang membawa tiga varian gen Neanderthal lebih sensitif terhadap rasa sakit.

"Meski percampuran Neanderthal dengan manusia Eropa kini sudah dikenal, kontribusi genetik mereka terhadap kelompok manusia lain jarang dibicarakan sehingga menjadi hal yang penting mempelajari latar belakang genetik," papar Pierre Fauxdari National Research Institute for Agriculture, Food, and the Environment di Paris.