Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/10/2023, 15:07 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Narwhal adalah spesies paus bergigi yang sangat tidak biasa, yang hidup di perairan es Atlantik Arktik.

Panjang tubuh narwhal antara 3,95 hingga 5,5 meter, tidak termasuk gigi spiral panjang yang menyembul dari kepala mereka seperti tanduk unicorn.

Narwhal merupakan hewan yang pemalu dan relatif sulit untuk dipelajari, sehingga banyak aspek perilaku narwhal yang masih menjadi misteri.

Narwhal tidak bisa hidup di akuarium

Melihat narwhal di akuarium di akuarium adalah hal yang hampir tidak mungkin. Di Amerika Utara, hanya ada dua upaya untuk memelihara narwhal di akuarium dan keduanya berakhir dengan tragedi.

New York Aquarium di Pulau Coney adalah akuarium pertama yang memelihara narwhal pada tahun 1969.

Baca juga: Mengenal Narwhal, Hewan dengan Gigi Paling Panjang di Dunia

Narwhal muda itu diberi nama Umiak. Ia ditangkap oleh suku Inuit yang mengatakan narwhal tersebut mengikuti kano mereka kembali ke kamp setelah mereka membunuh induknya untuk diambil dagingnya.

Umiak dimasukkan ke dalam akuarium bersama “paus putih” betina, yang kemungkinan adalah paus beluga, yang bertindak sebagai ibu tirinya.

Petugas akuarium dilaporkan memberi makan hewan tersebut dengan susu dalam jumlah besar yang dicampur dengan kerang cincang setiap hari.

Namun, pada tanggal 7 Oktober 1969, kurang dari setahun setelah tiba di akuarium, Umiak meninggal karena pneumonia.

Upaya kedua untuk memelihara narwhal di penangkaran dilakukan pada tahun 1970 oleh Vancouver Aquarium, Kanada.

Baca juga: Ahli Jelaskan Perilaku Narwhal, Mamalia Laut Bertanduk Penuh Teka-teki

Upaya mereka dimulai pada tahun 1968 ketika direktur mereka, Murray Newman, ingin membawa narwhal ke kota besar untuk membangkitkan minat publik terhadap spesies yang sulit ditangkap dan membantu konservasi mereka.

Seperti yang diberitakan oleh surat kabar Vancouver Sun, Newman dan tim pelaut yang dipimpin oleh pemandu Inuit menuju ke laut di sekitar Pulau Baffin pada tahun 1968 untuk menangkap seekor narwhal, tetapi perburuan selama dua minggu itu sepenuhnya tidak berhasil.

Newman kembali ke daerah itu pada tahun 1970 untuk berburu selama tiga minggu, yang juga gagal. Namun, mereka akhirnya berhasil membeli seekor narwhal jantan muda dari komunitas pemburu Inuit di Grise Fiord.

Narwhal tersebut diberi nama Keela Luguk setelah kata “qilalugaq”, sebutan untuk narwhal dalam beberapa dialek Inuktitut.

Dalam waktu seminggu setelah narwhal tiba di Vancouver Aquarium pada bulan Agustus 1970, fasilitas tersebut juga berhasil menangkap dua ekor narwhal betina dan tiga anak paus, yang ditempatkan di dalam tangki bersama Keela Luguk.

Baca juga: Paus Bertanduk Narwhal Akhirnya Punya Musuh Baru Setelah Ribuan Tahun

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com