Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makam Mesir Kuno yang Lama Hilang Ditemukan, Berisi Mumi 4.400 Tahun

Kompas.com - 08/10/2023, 11:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tim arkeolog Ceko telah menemukan kembali makam yang hilang milik seorang pejabat Mesir kuno bernama Ptahshepses yang hidup sekitar 4.400 tahun yang lalu.

Penemuan tersebut bahkan berisi sisa-sisa mumi dari individu penting tersebut.

Baca juga: Mengapa Firaun Mesir Kuno Berhenti Membangun Piramida?

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Czech Institute of Egyptology makam yang hilang itu ditemukan di zona antara bidang piramida Abusir dan Saqqara, Mesir.

“Itu adalah pencarian yang sulit dan berlangsung selama beberapa tahun,” Miroslav Barta, kepala penelitian di Abusir, menjelaskan dalam pernyataannya.

Namun citra satelit terperinci di area tersebut dan studi peta kuno berhasil menemukan kembali makam Ptahshepses pada tahun 2022.

Makam yang hilang

Mengutip IFL Science, Jumat (6/10/2023) sekitar 160 tahun yang lalu, seorang sarjana Perancis bernama Auguste Mariette menemukan situs pemakaman dan menggali sebagian.

Mariette membuka pintu palsu makam Ptahshepses, sebuah pintu simbolis yang diyakini orang Mesir dapat digunakan oleh almarhum untuk masuk dan keluar dari makam.

Namun makam tersebut menghilang di bawah pasir sebelum akhirnya ditemukan kembali.

Referensi menunjukkan bahwa Ptahshepses adalah pejabat keturunan non-kerajaan pertama yang diketahui dalam sejarah Mesir yang diberi hak istimewa untuk menikahi putri kerajaan.

“Mengingat signifikansi politik, sejarah dan agama Ptahshepses, makam tersebut adalah salah satu penemuan paling luar biasa dalam periode terakhir dalam arkeologi Mesir,” tambah pernyataan itu.

Baca juga: Apakah Wilayah Mesir Kuno Dulunya adalah Gurun?

Penemuan makam

Selama pekerjaan penggalian yang dilakukan pada tahun 2022, para arkeolog mengungkap superstruktur mastaba (struktur persegi panjang makam Mesir) sepanjang 42 meter dan lebar 22 meter.

Di dalamnya terlihat sebuah kapel yang terpelihara dengan baik lengkap dengan dekorasi lukisan di pintu masuk, dua serdab (ruang yang digunakan untuk patung pemiliknya) dan koridor akses yang panjang.

Kemudian, pada tahun 2023, tim memasuki ruang pemakaman yang terdapat batu kapur berukuran besar.

Ruangan tersebut sebelumnya pernah dijarah, namun masih berisi beberapa peralatan asli yang digunakan untuk penguburan.

Menariknya, makam tersebut juga berisi mumi ikan, yang merupakan mumi ikan pertama yang ditemukan.

Hal yang tidak disangka terjadi ketika kemudian di dalam sarkofagus yang terbuka sebagian, peneliti menemukan sisa-sisa mumi pejabat Ptahshepses.

“Makam seorang pria yang mengubah jalannya sejarah Mesir telah ditemukan kembali, mewakili salah satu penemuan terbesar ekspedisi ini. Penelitian masih berlangsung, dan penemuan lebih lanjut kemungkinan akan dilakukan untuk memberikan petunjuk baru tentang keluarga dan zamannya,” tambah Barta.

Baca juga: Rahasia Makam Mesir Kuno Terungkap Lewat Bau Kuno dari Guci Berusia 3400 Tahun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com