Kompas.com - 16/09/2023, 14:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Sebuah penelitian baru menunjukkan lubang hitam yang paling dekat dengan Bumi jaraknya hanya triliunan kilometer.

Temuan jarak lubah hitam terdekat dengan Bumi ini didapatkan setelah tim astronom menyelidiki sejarah kosmik keluarga bintang terdekat yang disebut gugus Hyades.

Itu merupakan gugus bintang terdekat dengan Bumi yang berisi ratusan bintang dengan umur, komposisi kimia, dan pola pergerakan yang sama.

Dengan menggunakan data dari satelit Gaia yang digunakan Badan Antariksa Eropa (ESA), tim melakukan simulasi evolusi gugus bintang selama 650 juta tahun terakhir.

Mereka menemukan bahwa penjelasan terbaik untuk distribusi bintang di gugus tersebut bergantung pada keberadaan setidaknya dua atau tiga lubang hitam kecil yang tersembunyi di tengah-tengah Hyades, yang secara halus memandu pergerakan bintang-bintang dengan pengaruh gravitasinya yang kuat.

"Simulasi kami hanya dapat mencocokkan massa dan ukuran Hyades secara bersamaan jika ada beberapa lubang hitam di pusat gugus saat ini," papar Stefano Torniamenti, penulis utama studi dari Universitas Padua di Italia.