Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/09/2023, 17:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Setiap planet di tata surya memiliki cuaca yang unik, sesuai dengan kondisi lingkungan dan atmosfer planet tersebut.

Satu hal yang pasti, hanya Bumi yang memiliki cuaca yang ramah bagi makhluk hidup, termasuk manusia.

Cuaca di planet-planet lain

Melansir Space Place NASA, berikut adalah gambaran cuaca dan suhu di planet-planet lain di tata surya.

1. Merkurius

Karena letaknya yang sangat dekat dengan matahari, Merkurius memiliki suhu yang ekstrem. Pada siang hari, matahari di Merkurius tampak tiga kali lebih besar dan 10 kali lebih terang dibandingkan matahari di Bumi.

Baca juga: Berapa Suhu di Planet Terdekat dari Matahari?

Semua sinar matahari itu dapat mendorong suhu setinggi 426 derajat Celcius di siang hari. Kemudian pada malam hari, karena tidak ada atmosfer yang menahan panas, suhu bisa turun hingga -184 derajat Celcius.

2. Venus

Venus merupakan planet terpanas di tata surya yang ditutupi oleh atmosfer tebal karbon dioksida dan awan yang terbuat dari asam sulfat.

Atmosfer di Venus berfungsi seperti rumah kaca karena memerangkap panas. Akibatnya, suhu rata-rata Venus bisa mencapai 452 derajat Celcius. Dengan suhu ini, jika Venus pernah memiliki lautan, maka lautan tersebut sudah lama kering.

3. Mars

Suhu siang hari di Mars mencapai 0 derajat Celcius. Namun, karena atmosfer Mars yang sangat tipis, suhu di malam harinya bisa mencapai -128 derajat Celcius.

Baca juga: Apakah Planet Terbesar di Alam Semesta?

Banyak pengorbit dan penjelajah yang mempelajari Mars telah menemukan bahwa dulunya mungkin terdapat banyak air di Planet Merah.

Namun, air yang tersisa tidak cukup untuk memenuhi siklus air seperti di Bumi. Jadi, lingkungan Mars sebagian besar berupa gurun.

4. Jupiter

Jupiter adalah planet gas yang tidak memiliki permukaan padat. Jupiter dikenal sebagai planet yang penuh badai karena adanya Bintik Merah Besar.

Sebenarnya, Bintik Merah Besar di Jupiter adalah badai liar raksasa yang telah berkecamuk selama lebih dari 300 tahun. Selain itu, Jupiter ditutupi oleh awan yang berputar-putar di atmosfer, yang kemungkinan besar terbuat dari amonia.

Baca juga: Seperti Apa Permukaan Planet Mars?

5. Saturnus

Saturnus memiliki suhu rata-rata -176 derajat Celcius. Cuaca paling familiar di planet ini sebenarnya terjadi di bulan terbesar Saturnus, Titan.

Para ilmuwan percaya bahwa Titan mengalami musim, memiliki awan yang menghasilkan hujan, dan memiliki atmosfer yang sebagian besar terdiri dari nitrogen, sama seperti atmosfer Bumi.

Sayangnya, alih-alih siklus air, Titan mendaur ulang bahan kimia yang disebut metana. Akibatnya, hujan yang turun dari awan adalah metana, yang jatuh ke danau, sungai, dan lautan metana.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com