Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/08/2023, 20:35 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Merkurius adalah planet terdekat dengan matahari dan merupakan planet terkecil di tata surya.

Dengan diameter sekitar 4.880 kilometer, Merkurius berukuran kurang dari setengah ukuran Bumi, yang diameternya sekitar 12.756 km.

Dilansir dari Live Science, Merkurius dapat terlihat di langit malam tanpa bantuan teleskop dan telah diketahui manusia selama ribuan tahun. Misalnya, Bangsa Sumeria membuat salah satu catatan paling awal yang diketahui tentang planet ini sekitar 3.000 SM.

Suhu di Planet Merkurius

Karena Merkurius adalah planet terdekat dengan Matahari, mungkin banyak yang mengira bahwa planet ini adalah planet terpanas.

Baca juga: Berapa Lama Perjalanan dari Bumi ke Merkurius?

Namun, Merkurius tidak memiliki atmosfer seperti Bumi yang dapat memerangkap dan menahan panas sehingga sisi yang menghadap jauh dari matahari selalu sangat dingin, terutama karena Merkurius yang berputar lambat memerlukan waktu sekitar 59 hari Bumi untuk menyelesaikan satu rotasi.

Menurut NASA, suhu di permukaan Merkurius masih bisa mencapai 427 derajat Celcius pada siang hari, tetapi bisa turun hingga minus 179 derajat Celcius pada malam hari.

Sementara itu, Venus, planet kedua setelah Matahari, merupakan planet terpanas karena memiliki atmosfer padat yang menahan panas sinar matahari.

Planet terpanas di tata surya adalah Venus

Venus bukanlah planet yang paling dekat dengan Matahari, namun atmosfernya yang padat memerangkap panas dalam versi efek rumah kaca yang menghangatkan Bumi.

Baca juga: Paling Dekat dengan Matahari, Kenapa Merkurius Bukan Planet Terpanas di Tata Surya?

Akibatnya, suhu di Venus mencapai 471 derajat Celcius. Ini lebih dari cukup panas untuk melelehkan timah.

Dengan suhu yang sangat tinggi, Venus memiliki atmosfer yang luar biasa panas, yang sebagian besar terdiri dari karbon dioksida dengan awan asam sulfat dan hanya sedikit air.

Atmosfer planet Venus juga lebih berat daripada planet lain sehingga menyebabkan tekanan permukaan lebih besar 90 kali lipat dari tekanan di Bumi.

Sebagai gambaran, tekanan di Venus mirip dengan tekanan yang ada di kedalaman 1.000 meter di lautan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com