Berusia 1,1 Miliar Tahun, Pink adalah Warna Tertua di Dunia

Kompas.com - 22/07/2023, 20:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Penemuan fosil dapat memberitahu kita tentang kehidupan tumbuhan dan hewan dari jutaan tahun yang lalu.

Tetapi, ada hal yang sulit diungkap dari penemuan fosil, yakni warna. Pasalnya, pigmen organik yang menghasilkan warna akan menghilang seiring waktu. Jadi, ilmuwan pun belum benar-benar tahu apa warna kulit T. Rex.

Penemuan warna tertua di dunia

Meski demikian, ternyata, ada beberapa warna yang bisa bertahan hinga berjuta-juta tahun. Melansir National Geographic, sebuah studi tahun 2018 menemukan pigmen merah muda cerah di bebatuan berusia 1,1 miliar tahun.

Menurut Smithsonian Magazine, pigmen organik tersebut berasal dari endapan serpih minyak yang dibor oleh perusahaan eksplorasi energi di Cekungan Taoudeni di Mauritania, Afrika Barat, sekitar 15 tahun yang lalu.

Baca juga: Mengapa Lautan di Dunia Berubah Warna?

Para peneliti menghancurkan beberapa batu untuk mencoba mengekstraksi molekul dari organisme purba yang terperangkap di dalamnya. Namun, penemuan pigmen yang masih hidup benar-benar menjadi kejutan.

Nur Gueneli dari Australian National University menyadari bahwa ia menemukan sesuatu yang istimewa setelah mencampur bahan bubuk dengan pelarut organik.

Saat itu, tim peneliti menduga campuran tersebut akan menjadi warna hitam. Namun, sebaliknya, pelarut berubah menjadi warna pink.

BBC melaporkan bahwa pigmen tersebut berasal dari klorofil fosil cyanobacteria, yang juga dikenal sebagai ganggang biru-hijau, yang molekul pigmennya bertahan ribuan tahun di dalam tanah.