Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Bahasa yang Digunakan Manusia Neanderthal?

Kompas.com - 05/07/2023, 09:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Ada pertanyaan yang cukup sulit untuk dipecahkan hingga kini yaitu bagaimana manusia purba, seperti salah satunya Neanderthal berkomunikasi.

Pasalnya, manusia prasejarah ini sudah punah jauh sebelum penemuan peralatan perekam. Fosil pun juga tidak dapat mengungkapnya.

Hal tersebut membuat para arkeolog tidak memiliki cara untuk mengetahui apakah Neanderthal, sepupu manusia modern ini memiliki ketrampilan bahasa atau tidak.

Bahasa yang digunakan Neanderthal

Namun dalam sebuah studi yang belum dipublikasikan, peneliti menyebut manusia prasejarah Neanderthal telah mengembangkan bahasa yang aneh untuk berkomunikasi.

"Neanderthal hampir pasti berbicara bahasa yang sangat mirip dengan bahasa kita, tetapi tampaknya kurang kompleks secara struktural dan kurang fleksibel secara fungsional," ungkap Antonio Benitez-Burraco, ahli bahasa dari University of Seville.

Baca juga: Bagaimana Manusia Purba Neanderthal Mencari Makan?

Seperti dikutip dari IFL Science, Selasa (4/7/2023) kesimpulan mengenai bahasa yang digunakan manusia Neanderthal tersebut merupakan hasil analisis multidisiplin dari kemampuan bicara manusia purba, penggabungan bukti anatomis, sosial-budaya, kognitif, lingkungan, dan genetik.

Peneliti menjelaskan bahwa saluran vokal Neanderthal sangat mirip dengan manusia, menunjukkan bahwa mereka mampu menghasilkan sebagian besar suara yang sama dengan kita.

Demikian pula, pendengaran mereka mirip dengan manusia modern yang semuanya menunjukkan bahwa mereka memiliki anatomi yang diperlukan untuk komunikasi vokal yang kompleks.

Bedanya dengan bahasa manusia modern

Hanya saja, bentuk rongga tengkorak Neanderthal menunjukkan bahwa otak mereka kurang globular dibandingkan manusia.

 

Itu artinya, talamus atau wilayah yang terlibat dalam pemrosesan bahasa pada otak manusia Neanderthal mungkin kurang menonjol.

Baca juga: Manusia Neanderthal Punah karena Kawin dengan Homo Sapiens, Studi Jelaskan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com