Apakah Bahasa yang Digunakan Manusia Neanderthal?

Kompas.com - 05/07/2023, 09:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Ada pertanyaan yang cukup sulit untuk dipecahkan hingga kini yaitu bagaimana manusia purba, seperti salah satunya Neanderthal berkomunikasi.

Pasalnya, manusia prasejarah ini sudah punah jauh sebelum penemuan peralatan perekam. Fosil pun juga tidak dapat mengungkapnya.

Hal tersebut membuat para arkeolog tidak memiliki cara untuk mengetahui apakah Neanderthal, sepupu manusia modern ini memiliki ketrampilan bahasa atau tidak.

Bahasa yang digunakan Neanderthal

Namun dalam sebuah studi yang belum dipublikasikan, peneliti menyebut manusia prasejarah Neanderthal telah mengembangkan bahasa yang aneh untuk berkomunikasi.

"Neanderthal hampir pasti berbicara bahasa yang sangat mirip dengan bahasa kita, tetapi tampaknya kurang kompleks secara struktural dan kurang fleksibel secara fungsional," ungkap Antonio Benitez-Burraco, ahli bahasa dari University of Seville.