Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/07/2023, 16:02 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Bulan, yang juga disebut sebagai satelit alami, merupakan objek padat, yang hanya sedikit di antaranya yang memiliki atmosfer. 

Terdapat ratusan bulan di tata surya, bahkan beberapa asteroid diketahui memiliki bulan kecil sebagai pendampingnya. 

Kenapa Jupiter memiliki banyak bulan?

Jupiter merupakan planet yang sangat besar, sedemikian besarnya sehingga ukurannya dua kali lebih besar dari gabungan semua planet lain di tata surya. 

Melansir ZME Science, ukurannya yang besar menyebabkan Jupiter memiliki tarikan gravitasi yang juga sangat besar, yang membantunya menangkap banyak satelit sehingga planet ini memiliki banyak sekali bulan.

Baca juga: Seperti Apa Petir Jupiter yang Disebut Mirip Petir di Bumi?

Selain itu, yang juga penting adalah bentuk Planet Jupiter. Badan kosmik yang bulat teratur akan memiliki orbit yang lebih stabil daripada yang berbentuk seperti kentang. 

Jupiter hampir bulat sempurna dan itu mungkin membantunya menangkap beberapa satelit kecil tambahan, terutama di orbitnya yang lebih rendah.

Menurut hitungan terakhir, planet raksasa gas itu memiliki 79 bulan yang dikonfirmasi, hanya selisih dua angka di bawah jumlah bulan Saturnus, yakni sebanyak 82 bulan yang dikonfirmasi. 

Namun "perlombaan" masih berlangsung karena para astronom terus-menerus menemukan bulan yang baru.

Baca juga: Kenapa Planet Jupiter Berukuran Sangat Besar?

Saturnus mencuri tahta Jupiter sebagai planet dengan bulan terbanyak pada tahun 2019, ketika para astronom menemukan 20 bulan baru. 

Tetapi, Jupiter pun tampaknya belum selesai. Sebanyak 12 satelit baru ditemukan pada tahun 2017 di sekitar Jupiter oleh para peneliti yang berafiliasi dengan Carnegie Institution for Science.

Sementara itu, Venus dan Merkurius, dua planet terdekat dengan matahari, tidak memiliki bulan sama sekali, sedangkan Bumi memiliki bulan yang sangat kecil dan Mars memiliki dua satelit kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com