Apa Penyebab Endometriosis yang Dialami Jutaan Wanita di Dunia?

Kompas.com - 20/06/2023, 10:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Para ilmuwan percaya mereka telah menemukan faktor risiko penyebab endometriosis. Menurut para peneliti, endometriosis disebabkan oleh bakteri yang biasa ditemukan di usus dan mulut manusia.

Jika penelitian lebih lanjut mengkonfirmasi temuan ini, maka menghilangkan bakteri tersebut bisa menjadi cara yang mungkin untuk mengobati penyakit yang menyakitkan ini.

Dikutip dari IFL Science, Senin (19/6/2023) endometriosis memengaruhi sekitar 10 persen wanita dan anak perempuan usia reproduksi. Itu berarti ada 190 juta orang di seluruh dunia yang mengalami kondisi tersebut.

Endometriosis adalah penyakit yang berkaitan dengan reproduksi wanita, di mana jaringan yang mirip dengan lapisan rahim tumbuh di tempat lain, seperti indung telur dan saluran tuba.

Hal itu kemudian mengakibatkan nyeri panggul, masalah kesuburan, perut kembung, mual, kelelahan, dan berbagai hal tidak menyenangkan lainnya.

Ini bisa menjadi kondisi yang membuat frustrasi untuk dihadapi, paling tidak karena tidak ada obat yang diketahui dan sangat sedikit gagasan tentang apa penyebab endometriosis tersebut.