Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Monster Loch Ness Nyata? Ini Kata Ilmuwan

Kompas.com - 18/06/2023, 09:30 WIB
The Conversation,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

Apakah monster Loch Ness itu nyata? - Landon, usia 10 tahun

Oleh: Michael A. Little

SUATU hal yang menakjubkan dan mengagumkan tentang manusia adalah imajinasi kita. Memang, imajinasi adalah salah satu kualitas yang membuat kita menjadi manusia.

Baca juga: Dikira Makhluk Laut, Dinosaurus Mirip Monster Loch Ness Ini Hidup di Air Tawar

Setiap penemuan yang mengarah pada peradaban kita yang maju - mobil, pesawat, TV, komputer, dan jutaan hal lainnya - berasal dari imajinasi seseorang.

Pada saat yang sama, pikiran manusia juga membayangkan segala macam hal yang tidak nyata: kurcaci, peri, troll, putri duyung, zombie, dan vampir. Hal ini juga termasuk hewan-hewan khayalan, seperti naga, unicorn, manusia serigala, ular laut, dan centaur.

Melalui cerita yang diturunkan dari generasi ke generasi selama ratusan atau bahkan ribuan tahun, makhluk-makhluk mitologi ini telah menjadi legenda. Di zaman yang modern ini, film, televisi, dan buku telah menyebarkan kisah-kisah ini kepada jutaan bahkan miliaran orang.

Sebagai seorang profesor antropologi, saya telah menghabiskan hidup saya untuk mempelajari perilaku, biologi, dan budaya manusia. Selain itu, saya juga mempelajari evolusi manusia dan hewan. Saya bekerja berdasarkan fakta, bukan fantasi.

Namun saya mengerti mengapa makhluk-makhluk ini membuat kita terpesona; mereka menarik, ajaib, dan terkadang menakutkan. Namun mereka semua memiliki satu kesamaan. Mereka menarik bagi imajinasi. Orang-orang berharap mereka ada.

Legenda Loch Ness

Salah satu legenda berasal dari Skotlandia utara di Britania Raya, dimana terdapat danau air tawar yang dingin, keruh, dan misterius yang disebut Loch Ness. “Loch” diucapkan sebagai “lok”. Kata ini berarti “danau” dalam bahasa Skotlandia.

Loch Ness memiliki ukuran yang cukup besar - panjangnya sekitar 23 mil (37 kilometer), lebar satu mil (1.600 meter) dan sangat dalam (788 kaki, atau 240 meter, pada titik terdalamnya).

Baca juga: Sains Membuktikan, Monster di Loch Ness Mungkin Sejenis Belut Raksasa

Legenda tentang danau Loch Ness sudah ada sejak 1.500 tahun yang lalu, ketika seorang biarawan Irlandia, St Columba, bertemu dengan seekor binatang buas di sungai yang bermuara di Loch Ness.

Konon, dia mengusir makhluk itu ketika dia membuat tanda salib Kristen.

Di zaman yang modern ini, lebih dari 1.000 orang mengklaim bahwa mereka telah melihat “Nessie”, nama yang diberikan oleh penduduk setempat kepada makhluk tersebut beberapa dekade yang lalu.

Deskripsinya beragam. Ada yang mengatakan makhluk itu menyerupai salamander; ada juga yang mengatakan ikan paus, atau anjing laut.

Biasanya, jarak pandang selama penampakan ini tidak bagus. Dalam sebagian besar kasus ini, para saksi mata sudah tidak asing lagi dengan legenda Loch Ness.

Sejauh ini, tidak ada yang pernah menemukan bukti fisik dari makhluk yang tidak biasa atau prasejarah yang hidup di teluk tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com