Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejak Kapan Manusia Modern Pertama Tiba di Asia?

Kompas.com - 14/06/2023, 18:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Manusia berasal dari Afrika tetapi kapan tepatnya nenek moyang kita yang paling awal meninggalkan benua tersebut dan bagaimana mereka menyebar ke seluruh dunia masih diperdebatkan oleh para arkeolog.

Kini, dalam sebuah studi baru, peneliti berhasil menemukan petunjuk bahwa manusia modern atau Homo sapiens sudah berada di Asia Tenggara antara 68.000 hingga 86.000 tahun yang lalu, jauh lebih lama dari perkiraan sebelumnya yaitu 50.000 tahun yang lalu.

Petunjuk tersebut didapat dari fragmen tengkorak dan tulang kering manusia yang ditemukan di Tam Pa Ling, sebuah gua di Laos utara. Ini merupakan bukti paling awal manusia modern di daratan Asia Tenggara.

Fragmen tulang Homo sapiens yang berasal dari 86.000 tahun lalu itu pun bisa memberi petunjuk baru tentang bagaimana spesies kita bermigrasi dari Afrika ke Asia.

Baca juga: Sejak Kapan Manusia Mulai Berciuman?

"Awalnya kami pikir adalah sebongkah batu besar. Setelah membersihkannya ternyata itu adalah sepotong tulang dan saat dianalisis lagi, fosil (manusia modern) merupakan pecahan kecil dari tengkorak manusia," kata Fabrice Demeter, peneliti dari University of Copenhagen, Denmark, dikutip dari New Scientist, Rabu (14/6/2023).

Dengan menggunakan isotop radioaktif untuk menentukan usia sedimen, tim peneliti memperkirakan usianya antara 68.000 hingga 86.000 tahun.

"Di daratan Asia Tenggara, ini pertama kalinya kami mendapatkan spesimen setua itu," ungkap Demeter.

Perjalanan manusia modern

Temuan ini pun menunjukkan bahwa manusia modern awal melakukan perjalanan ke Asia Tenggara lebih awal dari yang diperkirakan sebelumnya.

Baca juga: Sejak Kapan Manusia Menggunakan Kulit untuk Pakaian?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com