Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejak Kapan Manusia Mulai Berciuman?

Kompas.com - 20/05/2023, 08:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berciuman bisa menjadi salah satu cara yang dilakukan untuk mengekspresikan perasaan cinta pada pasangan.

Namun ada banyak perdebatan tentang sejak kapan manusia mulai berciuman dengan cara yang romantis.

Dilansir dari New Scientist, Jumat (20/5/2023) banyak sumber mengatakan bukti ciuman paling awal yang dilakukan oleh manusia terdokumentasi dalam teks Sansekerta yang ditulis di tempat yang sekarang disebut India, pada sekitar 3500 tahun yang lalu.

Peneliti kemudian berpendapat ciuman romantis itu kemudian menyebar dari sana ke seluruh dunia. Penaklukan Alexander Agung sering dikatakan berperan dalam proses penyebaran tersebut.

Bukti awal manusia berciuman

Akan tetapi, bukti yang ditemukan di Mesopotamia menemukan ciuman romantis muncul secara independen di banyak tempat dan tidak tiba-tiba menyebar ke seluruh dunia.

Sehingga ini menunjukkan bahwa ciuman dikenal di wilayah yang jauh lebih luas di dunia kuno daripada yang diketahui sebelumnya.

Baca juga: Sejak Kapan Manusia Menggunakan Kulit untuk Pakaian?

"Mengingat distribusi geografis, saya pikir ciuman pasti memiliki banyak asal. Itu bukan sesuatu yang berasal dari satu tempat," ungkap Troels Pank Arbøll, peneliti dari University of Copenhagen di Denmark menjelaskan tentang sejak kapan manusia mulai berciuman.

Selain itu, dikutip dari IFL Science, Jumat (19/5/2023) bukti dari Mesopotamia menunjukkan pula ciuman seksual muncul jauh lebih awal dari perkiraan yaitu 4500 tahun yang lalu.

Di Mesopotamia kuno yang berada di antara sungai Efrat dan Tigris di Irak dan Suriah saat ini, orang-orang menulis dalam aksara paku di tablet tanah liat.

Ribuan tablet tanah liat tersebut menurut Arbøll, bertahan hingga hari ini dan mengungkapkan bahwa berciuman dianggap sebagai bagian dari keintiman romantis di zaman kuno.

Tablet yang berasal dari sekitar tahun 2500 SM ini juga menggambarkan sejumlah peristiwa aneh yang terkait dengan ciuman.

Misalnya satu teks menggambarkan bagaimana seorang wanita yang sudah menikah nyaris tidak setia setelah berciuman.

Teks lain yang menunjukkan bukti awal manusia berciuman yang lain juga menyebutkan seorang wanita yang belum menikah bersumpah untuk menghindari ciuman dan berhubungan seks dengan seorang pria.

Baca juga: Sejak Kapan Manusia Merokok?

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com