Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/06/2023, 09:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Anda yang bangun pagi tentunya bisa mendengar berbagai burung yang berkicau dengan riangnya.

Berbagai jenis burung memang dikenal selalu berkicau setiap pagi, seolah menjadi alarm alam yang akan membangunkan Anda dari tidur.

Menariknya mengapa burung melakukan aktivitas itu?

Alasan burung berkicau di pagi hari

 

Ada beberapa alasan, mengapa burung berkicau di pagi hari. Bahkan, berbagai jenis burung akan bernyanyi dengan berbagai bentuk nada yang unik dan menarik.

Dikutip dari Science ABC, Selasa (13/6/2023) berikut beberapa alasan di balik perilaku burung berkicau setelah fajar menyingsing.

  • Rutinitas pagi

Hormon pada sebagian besar hewan, termasuk burung mengalami siklus harian. Ini membantu mengatur fungsi tubuh di berbagai waktu untuk melakukan proses yang diperlukan.

Baca juga: Mengapa Burung Tidak Jatuh dari Dahan Pohon Saat Tidur?

Salah satu hipotesisnya adalah salah satu hormon dalam tubuh yaitu hormon melatonin atau hormon tidur mengalami penurunan dan memicu burung untuk mulai berkicau.

Namun masih terjadi perdebatan mengenai hipotesis ini, pasalnya ahli belum bisa menjelaskan mengenai alasan atau keuntungan khusus bagi burung untuk berkicau di pagi hari.

  • Meningkatkan hormon seks

Hipotesis hormonal lainnya adalah berkaitan dengan produksi androgen, sekelompok hormon seks.

Saat burung memiliki kadar androgen yang lebih tinggi, mereka biasanya lebih berhasil dalam interaksi sosial dalam hal konteks perkawinan.

Beberapa peneliti percaya bahwa kicauan menginduksi produksi androgen pada burung jantan. Di sisi lain, mendengar nyanyian tersebut akan menginduksi produksi androgen pada burung betina.

Oleh karena itu, burung mungkin berkicau saat fajar untuk meningkatkan kadar androgen mereka dan bersiap untuk mencari pasangan.

Baca juga: Mengapa Burung Tidak Punya Gigi?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com