Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengapa Burung Berkicau di Pagi Hari?

KOMPAS.com - Anda yang bangun pagi tentunya bisa mendengar berbagai burung yang berkicau dengan riangnya.

Berbagai jenis burung memang dikenal selalu berkicau setiap pagi, seolah menjadi alarm alam yang akan membangunkan Anda dari tidur.

Menariknya mengapa burung melakukan aktivitas itu?

Alasan burung berkicau di pagi hari

Ada beberapa alasan, mengapa burung berkicau di pagi hari. Bahkan, berbagai jenis burung akan bernyanyi dengan berbagai bentuk nada yang unik dan menarik.

Dikutip dari Science ABC, Selasa (13/6/2023) berikut beberapa alasan di balik perilaku burung berkicau setelah fajar menyingsing.

  • Rutinitas pagi

Hormon pada sebagian besar hewan, termasuk burung mengalami siklus harian. Ini membantu mengatur fungsi tubuh di berbagai waktu untuk melakukan proses yang diperlukan.

Salah satu hipotesisnya adalah salah satu hormon dalam tubuh yaitu hormon melatonin atau hormon tidur mengalami penurunan dan memicu burung untuk mulai berkicau.

Namun masih terjadi perdebatan mengenai hipotesis ini, pasalnya ahli belum bisa menjelaskan mengenai alasan atau keuntungan khusus bagi burung untuk berkicau di pagi hari.

  • Meningkatkan hormon seks

Hipotesis hormonal lainnya adalah berkaitan dengan produksi androgen, sekelompok hormon seks.

Saat burung memiliki kadar androgen yang lebih tinggi, mereka biasanya lebih berhasil dalam interaksi sosial dalam hal konteks perkawinan.

Beberapa peneliti percaya bahwa kicauan menginduksi produksi androgen pada burung jantan. Di sisi lain, mendengar nyanyian tersebut akan menginduksi produksi androgen pada burung betina.

Oleh karena itu, burung mungkin berkicau saat fajar untuk meningkatkan kadar androgen mereka dan bersiap untuk mencari pasangan.

  • Menarik perhatian betina

Setiap spesies burung memiliki musim kawinnya sendiri dan kicauan burung jantan berfungsi untuk menarik perhatian sang betina. Burung jantan diketahui paling banyak berkicau saat betina berada dalam waktu subur mereka.

  • Menandakan wilayah burung

Kicauan burung di pagi hari lebih kompleks dan keras dibandingkan dengan kicauan di waktu lain.

Kicauan ini mungkin merupakan cara bagi burung jantan untuk memberi tanda bahwa suatu wilayah adalah milik mereka. Di mana burung tersebut akan berkicau di tengah wilayah atau di sepanjang perbatasannya.

Burung tanpa wilayah dapat mengklaim wilayah yang kosong dan mulai berkicau di sana. Sementara burung yang telah memiliki wilayah akan berkicau untuk menegaskan bahwa wilayah mereka ditempati dan untuk mencegah calon penghuni liar lainnya.

  • Cara menyeleksi pasangan

Bururng betina sering memilih pasangan berdasarkan kicauannya. Pasalnya kicauan bisa menjadi indikator kualitas jantan yang ideal.

Misalnya pada kutilang Zebra, burung yang memiliki repertora kicuan yang lebih berkembang kemungkinan besar saat kecil cukup makan sehingga kebugaran mereka lebih baik saat dewasa.

Sementara itu penelitian baru menunjukkan bahwa burung juga mengubah waktu kicauan mereka berdasarkan fenomena di lingkungannya.

Misalnya di hutan tropis, di mana jangkrik berlimpak, burung mengubah waktu kicauannya pada sore hari untuk menghindari tumpang tinding dengan suara jangkrik.

Menguji berbagai hipotesis mengenai mengapa burung berkicau di pagi hari tetap diperlukan untuk mendapatkan penjelasan yang lebih detail.

https://www.kompas.com/sains/read/2023/06/14/093000823/mengapa-burung-berkicau-di-pagi-hari-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke