Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Tidur Tengkurap Buruk untuk Kesehatan?

Kompas.com - 30/05/2023, 14:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Kita perlu memperhatikan posisi tidur karena ini dapat memengaruhi kesehatan, terutama jika sering merasa tidak nyaman setelah bangun tidur.

Beberapa dari kita mungkin merasa lebih nyaman saat tidur tengkurap, namun apakah posisi ini aman? Adakah efek buruk dari tidur tengkurap?

Ya, tidur tengkurap kurang baik untuk kesehatan 

Dilansir dari Healthline, meskipun tidur tengkurap dapat mengurangi dengkuran dan sleep apnea, posisi ini juga membebani punggung dan leher. 

Tidur tengkurap dapat menyebabkan tidur yang kurang nyaman hingga berdampak pada aktivitas sehari-hari. 

Baca juga: Apa Saja Penyebab Orang Mengigau saat Tidur?

Bagi wanita yang sedang hamil, harus sangat berhati-hati dengan posisi tidur dan hindari tidur tengkurap, jika memungkinkan.

Efek tidur tengkurap pada tulang belakang

Banyak orang yang tidur tengkurap mengalami beberapa jenis rasa sakit, entah di leher, punggung, atau persendian. 

Menurut Mayo Clinic, tidur tengkurap membuat punggung dan tulang belakang tegang. Pasalnya, sebagian besar berat badan berada di tengah tubuh sehingga sulit untuk mempertahankan posisi tulang belakang yang netral saat tidur.

Tekanan pada tulang belakang meningkatkan tekanan pada struktur lain di tubuh. Selain itu, karena tulang belakang adalah saluran untuk saraf, tekanan di tulang belakang dapat menyebabkan rasa sakit di bagian lain di tubuh. 

Baca juga: Bagaimana Cara Mengatasi Mengigau saat Tidur?

Efek tidur tengkurap pada leher

Saat tidur tengkurap, biasanya kepala akan menoleh ke samping untuk memudahkan bernapas. Posisi ini membuat kepala dan tulang belakang tidak sejajar. 

Kita mungkin tidak menyadari kerusakan yang disebabkannya setelah satu episode tidur tengkurap, tetapi seiring waktu masalah leher dapat berkembang.

Haruskah kita mengubah posisi tidur?

Dikutip dari Sleep Foundation, jika tidur tengkurap menyebabkan kekakuan atau nyeri, mungkin perlu untuk mencoba posisi tidur yang baru. 

Penelitian menunjukkan, tidur tengkurap adalah posisi terburuk untuk menopang punggung. Sementara itu, tidur telentang atau miring menawarkan manfaat kesehatan yang lebih besar dan lebih sedikit ketidaknyamanan daripada tidur tengkurap. 

Baca juga: Apa Dampak Tidur Hanya 6 Jam Sehari bagi Kesehatan?

Misalnya, satu studi tentang orang yang tidur dengan sakit punggung menemukan bahwa mereka yang beralih ke tidur menyamping atau telentang melaporkan lebih sedikit sakit punggung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com