Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/05/2023, 18:11 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa dari Anda mungkin pernah mengalami mengigau atau berbicara saat tidur, di mana orang yang mengalaminya tidak menyadari bahwa mereka sedang berbicara dan tidak akan mengingatnya keesokan hari.

Orang yang mengigau saat tidur dapat berbicara kalimat lengkap, berbicara omong kosong, atau berbicara dengan suara atau bahasa yang berbeda dari biasa saat terbangun.

Kondisi ini seperti dilansir dari Healthline, Senin (15/5/2023) sebenarnya termasuk dalam gangguan tidur yang dikenal sebagai somniloquy.

Hingga sekarang, ahli tidak tahu banyak mengenai kondisi tersebut, seperti apa yang terjadi di otak saat seseorang berbicara sambil tidur.

Orang yang berisiko mengigau saat tidur

Mengutip Very Well Health, orang yang mengigau biasanya tidak berbicara lebih dari sembilan detik dalam satu waktu dan seringkali jauh lebih sedikit.

Apa yang terlontar biasanya tidak dapat dipahami namun terkadang bisa gamblang, sarat dengan kata-kata kotor atau pelecehan verbal.

Baca juga: Apa Saja Penyebab Mata Merah Setelah Bangun Tidur?

Namun tingkat keparahan seseorang ditilik dari seberapa intens mereka mengingau saat tidur seringkali dibagi dalam tiga level, ringan, sedang, dan parah.

  • Ringan: Mengigau saat tidur terjadi kurang dari sebulan sekali
  • Sedang: Mengigau saat tidur terjadi seminggu sekali tetapi tidak setiap malam. Mengigau juga tidak banyak menganggu tidur orang lain.
  • Parah: Mengigau terjadi setiap malam dan dapat menganggu tidur orang lain.

Mengigau bisa terjadi pada siapa saja. Studi menunjukkan sekitar 5 persen orang dewasa berbicara sambil tidur.

Sementara setengah dari semua anak dianggap berbicara dalam tidur mereka. Lalu 66 persen orang pernah mengalaminya di beberapa titik dalam hidupnya.

Penyebab mengigau saat tidur

Kendati tidak terlalu jelas apa yang menyebabkan mengigau, ada beberapa kondisi yang terkait dengan kondisi emosi serta fisik yang pada akhirnya memicu seseorang mengigau. Beberapa di antaranya adalah seperti berikut ini.

  • Penggunaan alkohol atau narkoba
  • Kelelahan
  • Depresi
  • Insomnia
  • Kecemasan atau stres
  • Tidur demam
  • Penyakit umum
  • Obat-obatan tertentu
  • Kurang tidur.

Mengigau saat tidur biasanya bukan kondisi medis yang serius. Namun jika mengigau telah mengganggu orang lain atau kualitas tidur Anda, maka akan lebih baik jika segera menemui dokter.

Baca juga: Apa Saja Penyebab Kepunahan Massal di Bumi?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com