Kompas.com - 23/05/2023, 14:05 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Manusia terus melakukan eksplorasi luar angkasa mulai dari mengirim misi untuk menemukan kehidupan lain di alam semesta hingga mencari planet baru mirip Bumi.

Namun di antara misi-misi penting itu, manusia rupanya pernah meluncurkan pula berbagai macam benda aneh ke luar angkasa, baik itu disengaja maupun tidak. Apa saja sih benda aneh tersebut, berikut beberapa daftarnya, seperti dikutip dari Live Science, Selasa (23/5/2023).

Baca juga: Astronom Temukan Benda-benda Aneh yang Mengorbit Lubang Hitam

1. Bola disko raksasa

Pada 21 Januari 2018, produsen kedirgantaraan Amerika bernama Rocket Lab diam-diam meluncurkan cermin multisisi besar yang jika dilihat sekilas mirip bola disko ke luar angkasa dalam sebuah uji coba penerbangan.

Objek tidak biasa yang dijuluki 'Humanity Star', memiliki lebar sekitar 1 meter dan memiliki 65 panel reflektif di permukaannya.

Benda tersebut dengan cepat berputar di orbit sekitar Bumi dan memantulkan cukup sinar Matahari ke permukaan Bumi sehingga dapat dilihat dengan mata telanjang.

Benda buatan manusia ini dirancang untuk menjadi simbol terang dan pengingat bagi semua orang di Bumi tentang tempat kita yang rapuh di alam semesta.

Namun bola disko raksasa itu tidak bertahan lama dan kembali memasuki atmosfer Bumi pada 22 Maret atau dua bulan setelah diluncurkan dan sekitar tujuh bulan lebih awal dari yang diharapkan.