Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NASA Umumkan Astronot Misi Artemis II yang Akan Mengelilingi Bulan

Kompas.com - 06/04/2023, 15:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa saat lalu, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengumumkan empat astronot yang akan melakukan perjalanan mengelilingi Bulan dalam misi Artemis II.

Keempat awak yang rencananya akan diberangkatkan pada akhir 2024 ini adalah Reid Wiseman, Victor Glover, Christina Koch, dan Jeremy Hansen.

Baca juga: Rahasia Alam Semesta: Berjalan Mengelilingi Bulan, Butuh Berapa Lama?

Ini akan menjadi momen pertama kali manusia mengunjungi Bulan sejak misi Apollo 17 pada tahun 1972.

Awak berpengalaman di luar angkasa

Dikutip dari New Scientist, Rabu (5/4/2023), komandan misi ini adalah Reid Wiseman yang merupakan kepala astronot NASA hingga November 2022.

Ia pernah ke luar angkasa sebelumnya dan melakukan perjalanan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada tahun 2014.

Sementara itu, posisi pilot akan dipegang oleh Victor Glover. Ia terbang ke ISS dengan misi Crew-1 SpaceX pada tahun 20220, misi opersional pertama dari program awak komersial.

Lalu, akan ada dua spesialis misi, yang tidak memimpin atau mengemudikan misi.

Pertama adalah Christina Koch, yang memegang rekor penerbangan luar angkasa terpanjang oleh seorang wanita. Ia menghabiskan 328 hari di luar angkasa, dari 2018 hingga awal 2019.

Kedua adalah Jeremy Hansen, salah satu dari empat astronot aktif Kanada. Ia akan menjadi satu-satunya anggota kru yang melakukan penerbangan pertamanya ke luar angkasa dalam misi Artemis II.

“Penerbangan luar angkasa manusia seperti perlombaan estafet, dan tongkat estafet itu telah diturunkan dari generasi ke generasi, dan dari anggota kru ke anggota kru lainnya,” kata Glover.

Baca juga: Israel Bakal Jadi Negara Keempat yang Menginjakkan Kaki di Bulan

“Ketika kami memiliki hak istimewa untuk memiliki tongkat itu, kami akan melakukan yang terbaik untuk menjalankan balapan dengan baik,” tambahnya.

Berapa lama misi Artemis II berlangsung?

Misi Artemis II akan berlangsung sekitar 10 hari. Misi akan diawal dengan peluncuran astronot ke luar angkasa di atas roket Space Lauch System (SLS) NASA yang besar dan mengorbit Bumi kurang dari dua hari sebelum berangkat ke Bulan.

Misi ini tidak akan memasuki orbit Bulan. Salah satu alalsan utama misi adalah untuk menguji sepenuhnya sistem pendukung kehidupan dan manuver pesawat ruang angkasa.

Awak Artemis II akan menempuh jarak 370.000 kilometer dari Bumi. Namun, rekor jarak perjalanan ke luar angkasa dipegang oleh misi Apollo 13 yang menempuh jarak 400.171 kilometer.

Setelah mengelilingi Bulan, kru Artemis II akan pulang. Jika semuanya berjalan lancar, misi ini akan menjadi langkah terakhir sebelum mengirim manusia kembali ke permukaan Bulan yang rencananya akan dilakukan pada tahun 2025.

Baca juga: Seperti Apa Desain Baju Astronot Terbaru yang Akan Dipakai ke Bulan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com