Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/03/2023, 16:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber BBC,nbc,Reuters

KOMPAS.com - Pemberitaan di media massa ramai setelah Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) resmi membatalkan penyelenggaraan Piala Dunia U20 2023 di Indonesia.

Setelah pembatalan tersebut, FIFA pun menyebut akan segera mengumumkan di mana Piala Dunia U20 2023 akan diadakan.

Dikutip dari BBC, salah satu tugas FIFA adalah memilih negara mana yang akan menyelenggarakan Piala Dunia dan memutuskan siapa yang memiliki rencana terbaik untuk turnamen sepak bola tersebut.

FIFA juga berperan sebagai pelindung dan mengembangkan permainan sepak bola untuk semua orang di seluruh dunia.

Sejarah berdirinya organisasi sepak bola FIFA

Dilansir dari NBC, sejarah berdirinya FIFA tak terlepas dari permintaan pertandingan sepak bola internasional yang terus meroket pada awal abad ke-20.

Para pemimpin sepak bola di Eropa akhirnya memutuskan untuk membuat dan mendiversifikasi sistem yang teroganisir dan kolaboratif.

Baca juga: Sejak Kapan Vladimir Putin Menjadi Presiden Rusia?

Akhirnya, FIFA yang merupakan kepanjangan dari Fédération Internationale de Football Association dalam bahasa Perancis atau International Federation of Association Football dalam bahasa Inggris didirikan pada 21 Mei 1904 di Paris, Perancis.

Wartawan Perancis Robert Guerin adalah presiden pertama FIFA dari tahun 1904 hingga 1906. Sementara Presiden FIFA terlama adalah Jules Rimet, yang menjabat dari tahun 1921 hingga 1954.

Saat ini, FIFA terdiri dari 211 anggota.

Peran FIFA dalam olahraga sepak bola

Sepak bola dimainkan di manapun. Reuters menyebutkan setidaknya 500 juta orang di dunia terhubung dengan sepak bola dengan perannya masing-masing, mulai dari pemain, wasit, menjalankan klub atau sekedar menonton pertandingan.

Di sinilah peran FIFA untuk mengatur permainan di seluruh dunia. Dengan menyatukan elemen-elemen yang sangat berbeda dalam keanggotaanya, FIFA memastikan permainan tetap universal.

FIFA juga merupakan penyelenggara piala dunia, turnamen sepak bola yang diadakan empat tahun sekali. Ini mungkin acara olahraga paling populer di dunia yang berhasil menarik miliaran penonton televisi untuk menyaksikannya.

Baca juga: Sejak Kapan Manusia Merokok?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com