Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Mulut Anjing Lebih Bersih dari Mulut Manusia?

Kompas.com - 11/02/2023, 16:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Anjing senang menjilati pemiliknya, yang sering kita artikan sebagai tanda kasih sayang. Selain itu, anjing juga menjilat untuk mencari makanan.

Namun, beberapa orang mungkin khawatir dengan infeksi bakteri dan virus menular dari air liur anjing.

Meski demikian, ada yang mengatakan bahwa mulut anjing justru lebih bersih dari mulut manusia. Benarkah demikian?

Mulut anjing dan manusia mengandung banyak bakteri 

Dilansir dari PetMD, mulut anjing tidak lebih bersih dari mulut manusia. Mulut anjing dan mulut manusia mengandung miliaran bakteri yang berasal dari sekitar 700 spesies yang berbeda.

Baca juga: Benarkah Kucing Bisa Memprediksi Cuaca?

Meski sama-sama memiliki bakteri di mulut, bakteri di mulut anjing sebagian besar merupakan spesies yang berbeda dari bakteri yang menghuni mulut manusia. 

Bakteri yang lebih memilih anjing sebagai inangnya, umumnya, tidak berbahaya bagi manusia.

Namun, ada kesamaan antara mulut anjing dan manusia. Misalnya, adanya bakteri Porphyromonas, yakni keluarga bakteri yang dapat menyebabkan penyakit periodontal pada anjing dan manusia.

Terkait kesehatan kulit, tidak banyak risiko infeksi jika kulit kita dijilat oleh anjing, selama mereka tidak menjilati luka. Pasalnya, kulit manusia tidak dapat menyerap air liur dengan baik.

Beberapa orang alergi terhadap air liur anjing, tetapi biasanya ini terjadi pada ras anjing tertentu. Jika Anda alergi terhadap air liur anjing, kulit Anda bisa mengalami ruam dan menjadi sangat gatal.

Baca juga: Benarkah Kucing Bisa Melihat dalam Gelap?

Menjaga kebersihan mulut anjing

Baik anjing maupun manusia sama-sama rentan terhadap penyakit gigi. Oleh sebab itu, kebersihan mulut yang baik berguna untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mulut. 

Dilansir dari American Kennel Club (AKC), menyikat dan membersihkan gigi secara teratur membantu anjing terlindung dari bakteri berbahaya, seperti jenis yang menyebabkan penyakit periodontal.

Bicaralah dengan dokter hewan tentang cara menyikat gigi anjing yang benar dan menyenangkan. Pastikan untuk menggunakan pasta gigi yang dirancang khusus untuk anjing dan bukan pasta gigi manusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com