Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/02/2023, 11:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa dari Anda mungkin pernah mendengar mengenai radiasi ponsel yang menyebabkan kanker otak saat seseorang punya kebiasaan tidur dekat dengan ponsel.

Kendati demikian, apakah berbahaya tidur di dekat ponsel?

Dilansir dari Live Strong, Jumat (10/2/2023) ponsel memang memancarkan radiasi dan radiasi memang berpotensi meningkatkan risiko kanker. Namun radiasi yang keluar dari ponsel dianggap tidak berbahaya.

Radiasi pengion yang dikeluarkan dari sinar-X dan radon dapat menyebabkan kerusakan DNA yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terkena kanker.

Baca juga: Apakah Tidur Siang Baik untuk Tubuh?

Menurut National Cancer Institute (NCI) radiasi yang dipancarkan dari ponsel yang disebut radiasi frekuensi radio bersifat nonionisasi, artinya tidak menyebabkan kerusakan DNA.

Namun tentu saja, tidak ada yang bisa mengatakan dengan pasti apakah tidur berdekatan dengan ponsel misalnya menaruh di bawah bantal meningkatkan kemungkinan kanker.

"Meta-analisis besar telah dilakukan untuk mencari dukungan bahwa ada hubungan antara ponsel dan kanker, tetapi tidak ada yang mampu membuat klaim yang kuat. Sampai sekarang kami tidak punya alasan untuk percaya ponsel menyebabkan kanker," kata Stephanie Weiss, MD, Kepala Divisi Neurologi Onkologi di Pusat Kanker Fox Chase Philadelphia.

NCI tidak sendirian dengan pendapatnya. Organisasi besar lain juga telah meninjau bukti bahwa tidur di samping ponsel itu aman.

Baca juga: Apakah Laba-laba Tidur? Sains Jelaskan

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com