Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/10/2022, 20:20 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Stroberi dikenal kaya kandungan antioksidan, senyawa tumbuhan, Vitamin C, folat (Vitamin B9), mangan hingga kalium.

Selain itu, stroberi juga sarat dengan air, rendah kalori, dan kaya karbohidrat yang dapat memicu energi instan.

Tak heran jika stroberi memilki banyak manfaat kesehatan, mulai dari menjaga kesehatan jantung, kesehatan otak hingga mencegah kanker.

Baca juga: Manfaat Stroberi untuk Kulit Berjerawat

Efek makan stroberi terlalu banyak

Namun, mengonsumsi stroberi terlalu banyak juga dapat menimbulkan efek samping, seperti menyebabkan gangguan perut, mulas, diare, refluks, kembung, dan respons alergi pada beberapa orang.

Makan stroberi terlalu banyak juga dapat menyebabkan kondisi yang disebut "strawberry tongue". Ini adalah kondisi sementara yang menyebabkan lidah menjadi merah dan bengkak.

Pada kasus yang parah, strawberry tongue bisa membuat Anda sulit bernapas. Jika mengalami gejala ini setelah makan stroberi, penting untuk segera mencari bantuan medis.

Hal lain yang perlu diperhatikan saat makan stroberi adalah, kemungkinan adanya residu pestisida. Untuk menghindari stroberi yang terkontaminasi pestisida, penting untuk memilih stroberi dan mencuci bersih sebelum dimakan.

Selain itu, orang-orang dengan kondisi berikut juga tidak disarankan makan stroberi.

- Orang yang menderita diare

- Orang dengan segala jenis gangguan pencernaan

- Orang dengan diabetes atau iritasi usus besar

- Orang dengan insufisiensi ginjal

- Orang yang alergi stroberi

- Orang dengan gangguan pendarahan -- Ada beberapa kekhawatiran, bahwa makan stroberi dalam jumlah besar dapat memperpanjang waktu pendarahan dan meningkatkan risiko memar dan pendarahan pada beberapa orang dengan gangguan pendarahan.

Baca juga: Kandungan Stroberi yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Ilustrasi stroberi, panen strawberry.UNSPLASH/ROMAN KRAFT Ilustrasi stroberi, panen strawberry.

Lalu, sebaiknya makan stroberi berapa banyak?

Ada yang menyarankan makan stroberi 8 buah per hari. Tapi menurut para ahli, Anda dapat mengonsumsi sekitar empat stroberi berukuran normal setiap hari hingga enam jika ukurannya sangat kecil.

Selain stroberi, Anda bisa mengonsumsi beberapa buah jenis lain untuk melengkapi kebutuhan serat harian.

Penelitian telah menemukan, bahwa makan stroberi dalam jumlah cukup dapat memiliki beberapa manfaat yang signifikan, termasuk potensi peningkatan kesehatan jantung dan otak, risiko kanker yang lebih rendah, dan membantu mengontrol diabetes tipe 2.

Baca juga: Cara Mengonsumsi Stroberi untuk Menurunkan Berat Badan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com