Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RS Pondok Indah Group

RS Pondok Indah Group adalah grup rumah sakit swasta yang mengelola tiga rumah sakit, yakni RS Pondok Indah - Pondok Indah, RS Pondok Indah - Puri Indah, dan RS Pondok Indah - Bintaro Jaya. Ketiga rumah sakit ini didukung para dokter ahli dari berbagai disiplin ilmu serta mengadopsi teknologi medis terkini untuk memberikan pelayanan kesehatan yang prima dan terdepan.

Anak Sembuh dari Covid-19, Haruskah Melakukan Pemeriksaan Pasca Covid?

Kompas.com - 25/09/2022, 16:05 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini
Baru Jadi Ortu

Waswas soal tumbuh kembang si kecil?

Sigap konsultasi ke dokter anak via Kompas.com

-

KOMPAS.com - Banyak anak yang positif Covid-19 tanpa gejala atau hanya bergejala ringan. Namun, setelah sembuh dari Covid-19, anak-anak berisiko terkena MIS-C atau Multisystem Inflammatory Syndrome in Children.

Kondisi ini bisa menyerang anak yang terinfeksi Covid-19, baik yang tidak menunjukkan gejala, maupun yang tampak gejala.

Masalahnya, pada anak yang positif Covid-19 tanpa gejala, orangtua mungkin tidak menyadari jika anaknya sudah pernah terkena Covid, sehingga baru diketahui daari pemeriksaan antibodi di dalam tubuh anak.

Baca juga: Kasus Positif Covid-19 pada Anak Meningkat, Kemenkes: Sekolah Harus Perhatikan Prokes

Ilustrasi Covid-19 pada anak Ilustrasi Covid-19 pada anak

Dijelaskan Prof. Dr. dr. Hinky Hindra Irawan Satari, Sp.A, (K), M.TropPaed, dokter Spesialis Anak Konsultan Pediatri Tropis RS Pondok Indah – Pondok Indah, multisystem inflammatory syndrome in children (MIS-C) adalah suatu kondisi di mana bagian tubuh yang berbeda dapat meradang, termasuk jantung, paru-paru, ginjal, otak, kulit, mata, atau organ pencernaan.

Ia mengatakan, potensi anak menderita MIS-C setelah terpapar Covid-19 sebenarnya masih sangat jarang. Namun demikian, ada baiknya mencermati munculnya gejala baru setelah anak sembuh dari Covid-19.

“Gejala MIS-C yang bisa muncul antara lain nyeri lambung, mata kemerahan, diare, pusing, ruam, dan muntah,” ujar dr. Hinky.

Agar bisa terdeteksi lebih dini, dr Hinky merekomendasikan untuk segera berkonsultasi dengan dokter spesialis anak, apabila anak mengalami demam setelah sembuh dari Covid-19.

Pasalnya, MIS-C yang terlambat ditangani, bisa memengaruhi jantung, pembuluh darah, dan organ lain pada tubuh anak.

Baca juga: Dokter Ungkap Pemicu Komplikasi MIS-C pada Anak Setelah Sembuh dari Covid-19

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com