Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Matahari Terbenam dan Proses Terjadinya?

Kompas.com - 17/09/2022, 17:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Matahari adalah pusat dari Tata Surya kita, yang terbit dari timur dan tenggelam di ufuk barat. Sebenarnya, kapan matahari terbenam di ufuk barat, dan bagaimana proses terjadinya?

Sains menjelaskan, waktu matahari terbenam bergantung pada posisi Bumi terhadap Matahari, yang terkait dengan perbedaan zona waktu di berbagai wilayah di dunia.

Menurut World Atlas, terlepas dari mana kita berada di belahan Bumi utara atau selatan, Matahari akan selalu terbit di sisi timur dan terbenam di sisi barat.

Bintang, Bulan dan Matahari terbit di sisi timur dan selalu terbenam di ufuk barat. Hal ini terjadi karena Bumi berputar ke arah timur.

Dilansir dari Universe Today, rotasi Bumi menyebabkan planet ini berputar pada porosnya saat mengelilingi Matahari.

Jika dilihat dari atas langit utara, maka Bumi akan tampak berputar berlawanan arah jarum jam. Oleh karenanya, Matahari bergerak mengelilingi Bumi ke arah barat.

Baca juga: Bagaimana Matahari Terbenam di Sisi Barat? Ini Penjelasannya

Hal ini pun tak hanya berlaku pada Bumi, tetapi juga planet lain di Tata Surya, kecuali planet Venus. Jika Bumi dan beberapa planet lainnya Matahari terbenam di sebelah barat, maka di matahari di planet kembaran Bumi ini akan terbenam di sebelah timur.

Venus berputar mundur saat mengelilingi Matahari, demikian juga Pluto, karena planet kerdil ini memiliki gerakan mundur, maka Matahari akan terbit di barat dan terbenam di timur.

Proses Matahari terbenam dan terbit

Matahari terbenam di sebelah barat dan terbit di sebelah timur, hal ini terjadi karena adanya rotasi Bumi.

Proses terjadinya Matahari terbenam atau matahari terbit ini berlangsung setiap 24 jam, saat perputaran Matahari ke arah timur. Saat Bumi ini berputar searah jarum jam, maka sinar Matahari akan mencapai bagian Bumi yang berbeda, pada waktu yang berbeda juga.

Titik pertama belahan Bumi yang menerima sinar Matahari adalah dari arah timur, yakni saat Matahari terbit.

Perlahan saat titik-titik tersebut mulai ditinggalkan cahaya Matahari karena adanya rotasi Bumi, maka kegelapan akan mulai menyelimuti bagian lain Bumi, dan di sisi Bumi lainnya menunjukkan waktu Matahari terbenam.

Baca juga: Seperti Apa Matahari Terbenam di Planet Lain? Ini Simulasi NASA

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com