Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/09/2022, 18:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Palung Mariana adalah palung terdalam di Bumi, yang terletak di Pasifik barat timur Filipina dan sekitar 200 kilometer timur Kepulauan Mariana.

Kedalaman Palung Mariana adalah hampir 11 kilometer. Jika Gunung Everest dijatuhkan ke Palung Mariana, puncaknya masih lebih 1,6 kilometer di bawah air.

Dikutip dari National Geographic, kedalaman Palung Mariana pertama kali diketahui pada tahun 1875 oleh kapal Inggris HMS Challenger sebagai bagian dari pelayaran oseanografi global pertama. 

Para ilmuwan Challenger mencatat kedalaman sekitar 8 km menggunakan tali pemberat. 

Kemudian, pada tahun 1951, kapal Inggris HMS Challenger II kembali ke lokasi dengan echo-sounder dan mengukur kedalaman hampir 11 kilometer.

Baca juga: Apa yang Ada di Dasar Palung Mariana?

Sebagai palung laut terdalam dengan kondisi yang ekstrem, Palung Mariana seolah masih menyimpan banyak misteri tentang apa saja yang ada di dalamnya.

Apakah ada gunung berapi di Palung Mariana?

Sebuah rantai gunung berapi yang naik di atas gelombang laut untuk membentuk Kepulauan Mariana mencerminkan busur berbentuk bulan sabit dari Palung Mariana.

Dilansir dari Live Science, diselingi dengan pulau-pulau, banyak gunung berapi bawah laut yang unik. 

Misalnya, gunung berapi bawah laut Eifuku yang memuntahkan karbon dioksida cair dari ventilasi hidrotermal yang mirip dengan cerobong asap. Cairan yang keluar dari cerobong ini memiliki suhu 103 derajat Celcius. 

Baca juga: Sejenis Teripang Tembus Pandang Ditemukan di Palung Atacama

Sementara itu, di gunung berapi bawah laut Daikoku di dekatnya, para ilmuwan menemukan genangan belerang cair di kedalaman 410 m di bawah permukaan laut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com