Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] Makanan yang Dimakan Gorila | Rafflesia arnoldii R.Br Mekar di Luar Habitat | Matcha Mengandung Kafein | Manfaat Jalan Cepat

Kompas.com - 15/09/2022, 07:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Gorila adalah primata terbesar di dunia. Bertubuh besar, ternyata makanan yang dimakan gorila cukup beragam, informasi ini menjadi salah satu berita populer Sains sepanjang Rabu (14/9/2022).

Hewan paling cerdas di dunia ini berasal dari Afrika dan ada dua spesies gorila yang hidup di pegunungan vulkanik dan belantara hutan daratan rendah.

Meski berbadan besar dan berotot kekar, makanan gorila sebagian besar adalah tumbuh-tumbuhan, buah hingga akar tanaman. Namun, ternyata untuk memenuhi kebutuhan protein, gorila ternyata juga memakan serangga.

Untuk pertama kalinya, bunga Rafflesia arnoldidd R.Br mekar di luar habitatnya, menjadi salah satu berita populer Sains sepanjang Rabu (14/9/2022).

Mekarnya bunga kebanggaan Indonesia ini mmerupakan hasil budidaya di Kebun Raya Bogor. Sebab, selama ini, bunga Rafflesia arnoldii biasanya hanya ditemukan di hutan-hutan Sumatera.

Matcha adalah teh hijau bubuk yang berasal dari tanaman Camellia sinensis. Seperti minuman teh lainnya, matcha ternyata juga mengandung kafein.

Jalan cepat memberikan manfaat yang sama pentingnya dengan jalan kaki 10.000 langkah setiap hari. Bahkan, kombinasi keduanya ternyata bisa memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan.

Berikut beberapa rangkuman berita populer Sains sepanjang Rabu (14/9/2022) hingga Kamis (15/9/2022).

Makanan yang dimakan gorila

Meski memiliki badan besar, fisik berotot, gorila adalah hewan herbivora, yakni pemakan tumbuhan. Apa yang dimakan primata terbesar di dunia ini sebagian besar adalah seluruh bagian tumbuhan, termasuk buah, bungan dan akar.

Gorila makan berbagai macam buah dan sayuran, yang semuanya tersedia di alam liar. Akan tetapi, meski memakan tanaman dan buah-buahan, kera besar ini juga memakan serangga.

Serangga menjadi sumber protein tambahan bagi gorila, yang diperoleh dari semut, rayap atau belatung.

Beberapa jenis makanan gorila di antaranya seperti batang pohon, daun, buah, bunga-bunga, kulit pohon, tanaman rempah, semut, belatung atau rayap.

Cara gorila mencari makan, primata ini sangat mengandalkan indera yang dimiliki, terutama indera penglihatan dan penciuman mereka yang sangat peka. Indera penglihatan gorila adalah salah satu indera utama yang bermanfaat dalam membantu mereka mencari makanan.

Mata gorila memiliki kemampuan unik yang memungkinkan hewan besar ini melihat warna, sehingga mereka bisa mendeteksi tanaman mana yang matang. Gorila juga memiliki kemampuan penglihatan binokular, yang dapat membantu mereka mengukur jarak dan kedalaman secara akurat.

Indera penciuman gorila juga sangat penting untuk membantu mereka mendapatkan makanan, serta terutama dalam mendeteksi ancaman bahaya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com