Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembar Doppelganger Tak Hanya Mirip tapi Miliki Perilaku Sama, Studi Jelaskan

Kompas.com - 30/08/2022, 18:31 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di suatu tempat di luar sana, mungkin ada seseorang yang memiliki wajah mirip Anda. Kemiripan tanpa hubungan darah ini dikenal dengan sebutan kembar Doppelganger.

Namun bukan hanya mirip wajah saja, sebuah studi baru mengungkapkan bahwa kembar Doppelganger ini rupanya juga memiliki perilaku yang sama.

Temuan tersebut berdasarkan studi terhadap 32 pasang kembar Doppelganger yang tak terkait dari seluruh dunia yang telah dikumpulkan oleh seniman dan fotografer Kanada François Brunelle, sejak tahun 1999.

Dikutip dari Live Science, Selasa (30/8/2022) dalam studi itu peneliti menyebut dua orang yang memiliki kemiripan wajah yang kuat satu sama lain lebih mungkin untuk berbagi lebih banyak gen mereka secara signifikan.

Baca juga: Apakah Kembar Identik Memiliki Sidik Jari yang Sama?

Para kembar Doppelganger ini juga lebih mungkin untuk lebih banyak berbagi perilaku serupa. Akan tetapi gen yang diaktifkan atau dinonaktifkan, serta ekosistem mikroba di tubuh kedua orang itu masih berbeda.

"Studi kami memberikan wawasan langka tentang kemiripan manusia dengan menunjukkan bahwa orang-orang dengan wajah yang sangat mirip memiliki genotipe yang sama," ungkap Manel Esteller, penulis senior dari Josep Carreras Leukaemia Research Institute, Spanyol.

Untuk penelitian ini, 32 pasangan yang mirip ini menyelesaikan kuisioner mengenai gaya hidup dan biometrik dalam bahasa asli mereka.

Peneliti juga menggunakan tiga algoritma pengenalan wajah yang berbeda untuk menilai kemiripan pasangan.

Dari jumlah tersebut, peneliti lalu mengambil 16 pasangan kembar Doppelganger untuk menyelidiki struktur genom mereka menggunakan analisis DNA.

Baca juga: Kembar Siam, Penyebab dan Macam-Macamnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com