Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Bunga Bangkai, Habitat Penyebaran hingga Ciri Bentuknya

Kompas.com - 19/08/2022, 17:01 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bunga bangkai adalah bunga yang memiliki ciri khas beraroma busuk, seperti bau bangkai.

Aroma busuknya, membuat bunga bangkai ini menjadi sangat berbeda dengan kebanyakan jenis bunga lainnya yang memiliki aroma wangi.

Selain itu, bungai bangkai memiliki tubuh tumbuhan yang sangat besar jika dibandingkan dengan beragam jenis bunga lainnya, bahkan disebut-sebut sebagai bunga tertinggi di dunia.

Baca juga: Karakterisik Bunga Rafflesia, Tidak Sama dengan Bunga Bangkai

Habitat penyebaran bunga bangkai

Bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanum) merupakan tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae), dari genus Amorphophallus.

Bungai bangkai raksasa merupakan tumbuhan endemik Pulau Sumatera, dan termasuk jenis dilindungi, sebagaimana diatur dalam Undang-undang No. 5/1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem (KSDAE) jo. PP No.7/1999 tentang Pengawetan Tumbuhan dan Satwa Liar.

Melansir laman resmi KSDAE edisi (12/11/2018), bunga bangkai merupakan tumbuhan khas dataran rendah yang tumbuh di daerah beriklim tropis dan subtropis.

Bunga berbau busuk seperti bangkai ini memiliki sekitar 170 spesies di dunia, dengan penyebaran yang sebagian besar yakni sekitar 25 ditemukan di Indonesia mulai dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Beberapa spesies bunga bangkai yang terkenal dan ditemukan di Indonesia di antaranya yaitu Bunga Bangka Raksasa (Amorphophallus gigas), Bunga Bangkai Jangkung (Amorphophallus decussilvae), Suweg (Amorphophallus campanulatus), dan Iles-iles (Amorphophallus oncophyllus).

Baca juga: Bunga Bangkai Mekar di Bekasi Sejenis Suweg, Tanaman Apa Itu?

Spesies Bunga Bangkai Jangkung salah satunya ditemukan di Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Bunga bangkai spesies ini, juga menjadi salah satu jenis flora baru yang ditemukan di gunung Ciremai 3 tahun lalu.

Petugas Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) disebut berhasil mengindetifikasi bunga tersebut di Blok Situ Sangiang, Banjaran, Majalengka, saat bunga ini tumbuh tinggi menjulang dengan pesona dan keunikannya.

Bunga bangkai jangkung juga dapat dijumpai pada hutan hujan tropis di Stasiun Penelitian Hutan Tropis (SPHT) Taman Nasional Kayan Mentarang di Lalut Birai, Desa Long Alango, Kecamatan Bahau Hulu, Kabupaten Malinau, dan Bengkulu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com