Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Akupunktur untuk Program Hamil

Kompas.com - 03/08/2022, 16:03 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Akupunktur menjadi salah satu metode terapi yang bisa dilakukan untuk menunjang keberhasilan program kehamilan (promil).

Akupunktur adalah teknik kesehatan holistik yang berasal dari praktik pengobatan tradisional China, yang dilakukan oleh ahlinya dengan memasukkan jarum tipis ke dalam kulit.

Gunanya adalah untuk merangsang titik-titik tertentu pada tubuh, yang bermanfaat dalam kesehatan tubuh dan mengurangi berbagai penyakit yang ada.

Baca juga: Belum Punya Keturunan, Ahli Sebut Akupuntur dapat Bantu Penanganannya

Kendati akupunktur dahulunya hanyalah pengobatan tradisional China, saat ini kegiatan akupunktur juga sudah dilakukan dalam ketentuan medis sesuai pedoman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Program kehamilan (Promil) menjadi salah satu hal yang banyak dilakukan oleh pasangan sudah menikah, tetapi belum kunjung diberikan anak.

Promil atau program merencanakan kehamilan adalah suatu rangkaian langkah, kegiatan atau serangkaian aktivitas yang dapat dilakukan oleh pasangan, agar bisa segera mendapatkan kehamilan.

Meski demikian, promil yang dijalankan oleh setiap orang itu berbeda-beda sesuai dengan kondisi pasangan suami istri.

Dokter Spesialis Akupunktur Bamed, dr. Athia Asparini Sp.Ak mengatakan, seiring perkembangan ilmu pengetahuan, WHO sudah mengintegrasikan akupunktur dengan kedokteran konvensional, yang dikenal dengan akupunktur medik.

“Dengan perkembangan teknologi, penelitian tentang akupunktur dan program hamil pun semakin banyak dan terbukti efektif,” kata Athia dalam Virtual Press Conference bertajuk “Dua Belas Tahun Inovasi Tanpa Henti Bamed,” Kamis (28/7/2022).

Adapun teknik akupunktur yang dapat digunakan, mulai dari penusukan manual (hanya jarum), penambahan elektrostimulator (dikenal dengan elektropunktur), atau dengan low level laser therapy pada titik akupunktur (disebut laserpunktur).

Manfaat akupunktur untuk promil

Athia menjelaskan, tindakan akupunktur medis dapat memberikan manfaat yang sangat baik bagi pasangan yang akan melakukan program hamil (promil).

Di antaranya seperti meningkatkan mikrosirkulasi darah, pembuluh darah, dan persarafan pada organ reproduksi pasangan tersebut.

“Secara sentral, akupunktur bekerja dalam keseimbangan hormon reproduksi baik wanita dan pria,” ujarnya.

Selanjutnya, akupunktur mengurangi stres dan kecemasan yang berpengaruh dalam sistem reproduksi, dan meningkatn sistem imunitas tubuh.

Baca juga: Benarkah Akupunktur Tingkatkan Kesuburan Pria?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com