Kompas.com - 21/07/2022, 08:03 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Sumber Britannica

KOMPAS.com - Biologi adalah salah satu ilmu yang dipakai dalam berbagai hal, mulai dari pendidikan, hingga dunia medis atau kedokteran. Namun, bagaimana dan siapa penemu ilmu biologi ini?

Biologi sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu “bios” yang berarti kehidupan dan “logos” yang berarti ilmu, sehingga dapat diartikan sebagai ilmu tentang kehidupan dan organisme hidup.

Meskipun tidak diketahui kapan studi tentang makhluk hidup termasuk hewan, tumbuhan, dan mikroba ini berasal, manusia purba disebut sudah memiliki beberapa pengetahuan tentang kehidupan sekitarnya.

Sebab, menurut catatan arkeologi, sebelum perkembangan peradaban manusia telah menjinakkan hampir semua hewan yang ada, serta mengembangkan sistem pertanian yang cukup stabil dan efisien untuk memenuhi kebutuhan.

Lantas, siapa penemu biologi yang menjadi ilmu tentang kehidupan ini?

Untuk menjawabnya, penemuan yang mengubah dunia membahas lebih dalam seputar sejarah biologi.

Dalam sejarahnya, ilmu biologi muncul dari tradisi kedokteran dan sejarah alam muncul kembali melalui dunia kedokteran Mesir kuno, maupun karya-karya dari Aristoteles serta Galen pada era Yunani-Romawi kuno.