Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/07/2022, 08:03 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber Britannica

KOMPAS.com - Biologi adalah salah satu ilmu yang dipakai dalam berbagai hal, mulai dari pendidikan, hingga dunia medis atau kedokteran. Namun, bagaimana dan siapa penemu ilmu biologi ini?

Biologi sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu “bios” yang berarti kehidupan dan “logos” yang berarti ilmu, sehingga dapat diartikan sebagai ilmu tentang kehidupan dan organisme hidup.

Meskipun tidak diketahui kapan studi tentang makhluk hidup termasuk hewan, tumbuhan, dan mikroba ini berasal, manusia purba disebut sudah memiliki beberapa pengetahuan tentang kehidupan sekitarnya.

Sebab, menurut catatan arkeologi, sebelum perkembangan peradaban manusia telah menjinakkan hampir semua hewan yang ada, serta mengembangkan sistem pertanian yang cukup stabil dan efisien untuk memenuhi kebutuhan.

Lantas, siapa penemu biologi yang menjadi ilmu tentang kehidupan ini?

Untuk menjawabnya, penemuan yang mengubah dunia membahas lebih dalam seputar sejarah biologi.

Dalam sejarahnya, ilmu biologi muncul dari tradisi kedokteran dan sejarah alam muncul kembali melalui dunia kedokteran Mesir kuno, maupun karya-karya dari Aristoteles serta Galen pada era Yunani-Romawi kuno.

Baca juga: Nama Cabang Ilmu Biologi yang Mempelajari Hewan dan Tumbuhan

Perjalanan penemuan biologi pun sangat panjang, bahkan telah dimulai sejak berabad-abad yang lalu karena dilakukan oleh banyak ahli di seluruh dunia.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, Rabu (20/7/2022) sebagian besar sejarah biologi yang tercatat paling awal berasal dari relief Asyur, serta Babilonia yang menunjukkan tanaman budidaya dan dari ukiran yang menggambarkan kedokteran hewan.

Ilustrasi pada segel tertentu mengungkapkan bahwa orang Babilonia telah mengetahui kurma berkembang biak secara seksual, dan serbuk sari dapat diambil untuk membuahi tanaman.

Sumber informasi lain mengenai sejauh mana pengetahuan biologis dari orang-orang ini adalah penemuan beberapa papirus yang berkaitan dengan ilmu medis, diyakini berasal dari tahun 1600 Sebelum Masehi.

Papirus tersebut berisi deskripsi anatomi, menunjukkan pentingnya jantung pada makhluk hidup.

Pengetahuan biologi orang Mesir, China, dan India

Papirus dan artefak yang ditemukan di makam ataupun piramida menunjukkan bahwa orang Mesir juga memiliki pengetahuan medis yang cukup besar.

Pengetahuan biologi masyarakat Mesir Kuno bisa diamati pada bagaimana mumi diawetkan dengan baik. Ini memperlihatkan orang-orang Mesir memiliki pemahaman menyeluruh tentang sifat pengawet dari tumbuh-tumbuhan yang diperlukan untuk pembalseman.

Baca juga: Biologi: Pengertian dan Cabang Ilmunya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com