Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Suhu Udara Terasa Panas di Malam Hari? Ini Penjelasan BMKG

Kompas.com - 17/05/2022, 09:03 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meskipun ada beberapa daerah yang sudah diguyur hujan, ssebagian wilayah lain masih merasakan suhu udara panas, terutama saat malam hari.

Sebenarnya, kenapa suhu udara panas terjadi di malam hari?

Prakirawan Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Tomi Ilham menjelaskan, suhu panas pada malam hari memang masih dirasakan di sejumlah wilayah di Indonesia.

"Pada malam hari, suhu udara bisa terasa panas ketika tutupan awan cukup tebal," kata Tomi kepada Kompas.com, Senin (16/5/2022).

Baca juga: Cuaca Panas Terik di Indonesia Akhir-akhir Ini, Kenapa?

Selain akibat tutupan awan yang cukup tebal, ada juga pengaruh kecepatan angin yang rendah.

Kecepatan angin yang rendah ini berpengaruh atau menyebabkan kelembaban yang cukup tinggi dan mengakibatkan suhu udara lebih lembab, serta panas daripada biasanya.

Berdasarkan data hasil pengamatan BMKG, suhu maksimum terukur selama periode tanggal 12 – 15 Mei 2022 berkisar antara 35.4 - 36.4 °C dengan suhu maksimum tertinggi hingga 36.4 °C terjadi di wilayah Tanjung perak, Surabaya.

Kondisi atmosfer yang memengaruhi suhu udara panas di malam hari dan siang hari sedikit berbeda.

Fenomena suhu udara terik yang terjadi pada siang hari tersebut, dipicu oleh beberapa hal seperti posisi semu Matahari dan dominasi cuaca yang cerah.

Posisi semu matahari saat ini sudah berada di wilayah utara ekuator yang mengindikasikan bahwa sebagian wilayah Indonesia akan mulai memasuki musim kemarau, di mana tingkat pertumbuhan awan dan fenomena hujannya akan sangat berkurang, sehingga cuaca cerah pada pagi menjelang siang hari akan cukup mendominasi.

Pengaruh berikutnya yaitu dominasi cuaca yang cerah dan tingkat perawanan yang rendah tersebut, dapat mengoptimumkan penerimaan sinar matahari di permukaan Bumi.

Dengan begitu menyebabkan kondisi suhu yang dirasakan oleh masyarakat menjadi cukup terik pada siang hari.

Baca juga: Sampai Kapan Cuaca Panas di Indonesia Berlangsung? Ini Kata BMKG

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com