Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Makanan Penyebab Jerawat, dari Susu hingga Jagung

Kompas.com - 16/05/2022, 18:04 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comJerawat pasti sangat mengganggu dan menghilangkan kepercayaan diri seseorang. Jerawat bisa muncul karena banyak faktor, salah satunya adalah makanan. Ternyata terdapat makanan yang bisa memicu jerawat.

Dilansir dari WebMD, makanan penyebab jerawat adalah sebagai berikut:

1. Susu

Orang yang rutin meminum susu, terutama susu skim, cenderung lebih mudah terkena jerawat. Berbagai studi membuktikan bahwa terdapat hubungan antara konsumsi susu dan timbulnya jerawat yang parah pada remaja.

Namun, hubungan tersebut bukan merupakan hubungan langsung sebagai sebab akibat. Para ahli menduga hal ini dipicu dari kandungan hormon sapi yang terdapat di dalam susu. Orang yang memiliki kandungan hormon yang tinggi cenderung lebih mudah berjerawat.

Masih perlu lebih banyak penelitian mengenai mekanisme susu menyebabkan jerawat. Sebaiknya Anda membatasi konsumsi susu dan produknya jika mengalami jerawat yang parah.

2. Gula dan karbohidrat

Orang yang banyak mengonsumsi gula dan karbohidrat biasanya mudah berjerawat. Contohnya mengonsumsi soda, roti putih, nasi putih, dan kue. Gula dan karbohidrat memiliki indeks glikemik yang tinggi dan memicu meningkatnya gula darah secara signifikan. Ini akan memicu tubuh memproduksi lebih banyak insulin.

Tingginya kadar insulin di dalam tubuh memengaruhi hormon lainnya di dalam tubuh yang bisa meningkatkan produksi minyak pada kulit. Kulit menjadi lebih rentan terkena jerawat.

3. Cokelat

Cokelat sudah sejak lama diduga menjadi makanan penyebab jerawat. Sayangnya, tidak ada studi yang cukup untuk membuktikan cokelat memicu tumbuhnya jerawat. Dugaan sementara cokelat bukan penyebab utama penyebab jerawat, melainkan tambahan lemak, gula, susu, dan kacang yang bertanggung jawab memicu jerawat.

Jika Anda ingin mengonsumsi cokelat, Anda bisa mencoba mengonsumsi cokelat hitam yang rendah gula dan tidak mengandung susu. Tentunya tetap batasi jumlah cokelat yang Anda konsumsi.

Baca juga: Dokter Kulit: Jerawat Butuh Pengobatan, Bukan Skincare

4. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji mengandung banyak kalori, lemak, dan karbohidrat, terutama makanan cepat saji khas Barat. Makanan cepat saji meningkatkan munculnya jerawat 17 hingga 24 persen. Masih diperlukan lebih banyak data untuk menjelaskan mekanismenya.

5. Makanan yang kaya omega-6

Tubuh yang kelebihan omega-6 mudah mengalami jerawat. Sebaliknya, mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3 mampu meringankan inflamasi dan mengurangi jerawat. Contoh makanan yang mengandung omega-6 dan perlu dikurangi adalah jagung dan kacang kedelai.

Itu dia makanan penyebab jerawat yang perlu Anda hindari. Namun, ini bukan satu-satunya penyebab. Jika tidak kunjung sembuh, coba berkonsultasi dengan dokter kulit, ya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com