Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyakit Thalasemia Belum Bisa Disembuhkan, Ini Pentingnya Deteksi Dini

Kompas.com - 11/05/2022, 09:02 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Thalasemia atau talasemia adalah penyakit keturunan (kelainan genetik), yang disebabkan kelainan sel darah merah dan penyakit ini belum bisa disembuhkan.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Selasa (10/5/2022) penyakit ini membuat penderitanya harus melakukan transfusi darah seumur hidup.

Plt. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes, dr. Elvieda Sariwati, M.Epid, mengatakan penyakit thalasemia dapat dicegah dengan deteksi dini.

Menurut dia, tujuan deteksi dini thalasemia adalah untuk mengidentifikasi pembawa sifat talasemia agar tidak terjadi perkawinan sesama pembawa sifat. Pasalnya, talasemia dapat diturunkan dari perkawinan antara dua orang pembawa sifat.

Seorang pembawa sifat atau gen talasemia akan tampak sehat atau tidak bergejala. Sebab, penyakit tersebut hanya bisa diketahui melalui pemeriksaan darah serta analisis hemoglobin.

Baca juga: Kelainan Darah Thalasemia: Jenis, Gejala, dan Dampak pada Anak

Adapun untuk mengetahui apakah seorang mengalami penyakit thalasemia, dapat dilakukan melalui pemeriksaan riwayat penyakit keluarga yang anemia. 

Selanjutnya, ciri lain orang dengan penyakit thalasemia ini, wajah tampak terlihat pucat, lemas, memiliki riwayat transfusi darah berulang.

Secara klinis, kata Elvieda ada tiga jenis penyakit thalasemia, yakni penyakit talasemia mayor, talasemia intermedia, dan talasemia minor (trait) atau pembawa sifat.

  • Pasien thalasemia mayor memerlukan transfusi darah secara rutin seumur hidup, sebanyak 2 hingga 4 minggu sekali. Berdasarkan hasil penelitian Eijkman tahun 2012, diperkirakan angka kelahiran bayi dengan talasemia mayor mencapai 20 persen atau 2.500 anak dari total populasi.
  • Pasien thalasemia intermedia membutuhkan transfusi darah meskipun tidak rutin.
  • Pasien thalasemia minor dapat hidup seperti orang normal secara fisik dan mental. Orang dengan penyakit talasemia ini tidak bergejala dan tidak memerlukan transfusi darah.

Baca juga: Mengenal Thalasemia pada Bayi, Penyebab dan Gejalanya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com