Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/05/2022, 18:00 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comGastritis adalah salah satu gangguan pencernaan yang sering terjadi dan bisa menyerang siapa saja. Namun, terkadang kita enggan meminum obat. Entah itu karena tidak memiliki persediaan obat di rumah atau memang Anda lebih senang dengan obat herbal atau alami untuk menyembuhkannya. Betul, Anda bisa mengatasi gastritis tanpa obat.

Sebelum membahas cara mengatasi gastritis, penting untuk mengetahui hal-hal yang memicu gastritis. Menghindari hal-hal ini akan membantu Anda mengurangi gejala gastritis yang muncul.

Penyebab gastritis

  • Konsumsi alkohol berlebihan
  • Mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri dalam jangka waktu yang panjang
  • Bakteri Helicobacter pylori (H. pylori)
  • Infeksi
  • Stres

Cara mengatasi gastritis tanpa obat

Dilansir dari Medical News Today, berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi gastritis tanpa obat.

1. Menghindari makanan pemicu

Belum ada cukup penelitian yang mendukung bahwa jenis makanan tertentu bisa menyebabkan gastritis. Anda bisa mulai mencatat apa saja yang Anda konsumsi jika terjadi gastritis. Daftar makanan tersebut perlu Anda hindari atau batasi konsumsinya.

Secara umum, beberapa makanan yang diyakini bisa memicu gastritis adalah makanan olahan, makanan yang pedas, produk susu, dan tepung-tepungan.

2. Mengonsumsi bawang putih

Bawang putih terkenal sebagai antiinflamasi yang kuat. Gastritis terjadi karena ada inflamasi atau peradangan pada dinding lambung. Oleh karena itu, mengonsumsi bawang putih baik untuk meredakan gastritis.

Baca juga: Halo Prof! Bisakah Pan-Gastritis Disembuhkan?

3. Konsumsi probiotik

Makanan probiotik bisa meningkatkan kualitas saluran cerna dan menjaga pergerakan usus. Probiotik akan menciptakan lingkungan saluran cerna yang baik dan mencegah infeksi H. pylori yang menjadi penyebab gastritis. Probiotik bisa Anda dapatkan dari berbagai produk fermentasi, seperti yoghurt dan kimchi.

4. Makan dalam porsi kecil

Gastritis bisa disebabkan karena makan terlalu banyak dalam sekali waktu. Untuk menghindarinya, coba untuk makan dalam porsi kecil namun lebih sering. Cara ini terbukti ampuh untuk mengatasi gastritis.

5. Minum teh hijau atau teh hitam

Meminum teh hijau atau teh hitam seminggu sekali terbukti secara ilmiah mampu mengurangi bakteri H. pylori di dalam saluran pencernaan. Ini akan mencegah gastritis Anda kambuh.

6. Hindari stres

Stres bisa memicu gastritis. Oleh karena itu, Anda perlu mengontrol tingkat stres Anda. Anda bisa melakukan pijat, meditasi, atau latihan napas untuk meredakan stres.

Cara yang mudah untuk dilakukan di rumah, bukan? Semoga Anda berhasil mengatasi gastritis Anda di rumah, ya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com