Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fenomena Langit Lebaran 2022: Puncak Hujan Meteor dan Asteroid Lewati Bumi

Kompas.com - 04/05/2022, 08:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Sembari menikmati libur Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah di tahun 2022 ini, ada beberapa fenomena langit yang bisa Anda saksikan.

Pemerintah telah menetapkan Idul Fitri atau 1 Syawal 1443 Hijriyah jatuh pada hari Senin, 2 Mei 2022.

Pada umumnya, masa libur lebaran ini akan berlangsung sampai tanggal 9 Mei 2022.

Untuk menikmati masa libur lebaran Anda dan keluarga, berikut beberapa fenomena langit yang bisa disaksikan di langit Indonesia pekan ini.

1. Fenomena puncak hujan meteor Eta Aquarid

Astronom amatir Indonesia Marufin Sudibyo, kepada Kompas.com, Rabu (3/5/2022) mengatakan fenomena langit Lebaran ini, akan dihiasi hujan meteor Eta Aquarid.

Fenomena hujan meteor Eta Aquarid adalah hujan meteor yang terkenal karena meteor-meteornya saat bersumber dari remah-remah komet Halley, sebuah komet berperiode panjang. 

Marufin mengatakan, periode orbit yang panjang ini yaitu antara 71 hingga 76 tahun.

Hujan meteor ini seakan-akan berasal dari rasi Aquarius. Hujan meteor Eta Aquarid kali ini akan memiliki intensitas sekitar 60 meteor per jam.

Baca juga: Fenomena Langit Akhir Ramadhan, Konjungsi Tripel hingga Asteroid Lewat Dekat Bumi

Fenomena langit Lebaran ini akan terjadi pada Sabtu (6/5/2022). Hujan meteor Eta Aquarid ini hanya bisa disaksikan sejak tengah malam hingga terbitnya fajar.

2. Fenomena asteroid lewat dekat Bumi

Asteroid 467460 (2006 JF42) ditemukan pada tahun 2006, memiliki diameter 499 m dan tergolong asteroid dekat-bumi kelas Apollo, sehingga memiliki orbit yang bisa bersinggungan dengan orbit Bumi.

Pada Senin 9 Mei 2022, asteroid ini akan lewat di dekat Bumi dalam jarak 14,9 kali lipat jarak rata-rata Bumi-Bulan atau setara 5,7 juta km.

"Asteroid ini tidak memiliki potensi untuk bertabrakan dengan Bumi, setidaknya hingga satu abad ke depan," kata Marufin.

Namun, apabila asteroid ini menumbuk Bumi, maka kata Marufin, tumbukannya nanti bisa melepaskan energi sangat tinggi yakni 615.000 kali lipat energi bom nuklir Nagasaki.

Asteorid melintasi Bumi diperkirakan akan terjadi pada 9 Mei 2022, dan menjadi salah satu fenomena langit Lebaran 2022.

Baca juga: Fenomena Langit Mei 2021: Hujan Meteor Eta Aquarids hingga Parade Langit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com