Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Pengalaman Kiki Fatmala, Kenali 7 Gejala Kanker Paru dan Faktor Risikonya

Kompas.com - 23/04/2022, 18:00 WIB
Ellyvon Pranita,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Artis Kiki Fatmala mengucapkan rasa syukur karena telah bertahan dan tangguh melawan penyakit kanker paru stadium 4 yang dideritanya. Kabar baik ini dibagikan Kiki melalui unggahan di akun Instagramnya pada Kamis (21/4/2022).

Rupanya, Kiki Fatmala didiagnosis menderita kanker paru-paru stadium 4 sejak 19 November 2021 lalu.

Mengucap sykur kesembuhan yang terjadi……Segala perkara dapat ku tanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku,” tulis Kiki seperti dikutip Kompas.com dari akun @qq_fatmala, Jumat (22/4/2022).

Kiki menganggap penyakit yang dideritanya adalah sebuah perjalanan yang menunjukkan bahwa mukjizat Tuhan itu ada. Sebab, kanker paru merupakan salah satu jenis kanker yang sangat berbahaya karena bisa berujung pada kematian.

Baca juga: 4 Fakta Perawatan Kanker Paru, dari CT Scan Dada hingga Kemoterapi

Dokter Spesialis Paru RS Premier Jatinegara, dr Karsum Supriadi SpP dalam pemberitaan Kompas.com 5 Februari 2021 mengatakan, umumnya kematian terbanyak terjadi pada pasien kanker paru yang terdiagnosis dengan stadium 4.

Pasien kanker paru stadium 4 rata-rata dilaporkan meninggal dunia dalam jangka waktu kurang dari 6 bulan, karena faktor infeksi.

Oleh karena itu, Karsum menegaskan, jika terdapat gejala yang mengarah ke kanker paru, harus segera diobati sebelum mengidap kanker paru stadium 4 yang memiliki angka progresifitas (stadium lanjut) yang cepat.

Gejala-gejala kanker paru

Meski kebanyakan gejala penyakit kanker paru ini serupa dengan penyakit pernapasan lain, ada tujuh gejala kanker paru yang penting untuk diwaspadai. Gejala-gejala itu adalah:

Baca juga: Situasi Kanker Paru di Indonesia Saat Ini, Prevalensi Kematian Meningkat

1. Batuk berkelanjutan

Gejala kanker paru pertama yang harus Anda curigai adalah batuk berkelanjutan, yaitu batuk tidak berhenti dalam waktu lebih dari 2 minggu.

2. Batuk berdarah

Selain batuk berkelanjutan, waspada ketika Anda mengalami batuk kronis yang disertai darah atau bercak darah pada dahak. Sebab, ini bisa jadi penanda gejala dari kanker paru stadium awal.

3. Sesak napas

Sesak napas bisa menjadi pertanda infeksi virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19, atau adanya sel tumor ganas (kanker) yang telah menginfeksi paru-paru Anda.

Selain sesak napas, gejala pernapasan lainnya yang bisa jadi pertanda kanker paru adalah suara mengi yang keluar saat menarik atau mengembuskan napas, seperti alergi atau asma.

4. Suara serak

Anda juga harus segera memeriksakan diri ke dokter, jika mengalami gejala keempat yaitu suara serak yang terjadi secara tiba-tiba, terlebih jika suara serak tersebut tak kunjung membaik hingga lebih dari 2 minggu.

Baca juga: Seorang Wanita yang Tak Pernah Merokok Didiagnosis Kanker Paru-paru Stadium 4, Kok Bisa?

5. Nyeri dada

Perlu diketahui, gejala kanker paru yang juga banyak dilaporkan pasien adalah merasakan nyeri pada dada.

Umunya, rasa nyeri di bagian dada tersebut bersifat tajam, muncul secara terus-menerus atau terkadang hilang timbul, dan biasanya akan terasa semakin berat saat menarik napas dalam, batuk atau tertawa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com