Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lubang Aneh "Gerbang Neraka" di Tengah Danau di California, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 20/04/2022, 09:01 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah lubang aneh yang berada di tengah Danau Berryessa di Napa Timur, California, Amerika Serikat sempat menghebohkan warga setempat. Lubang yang dijuluki "gerbang neraka" ini ternyata tidak terbentuk secara tiba-tiba, tetapi memang sengaja dibuat.

Lubang "gerbang neraka" itu berada di tengah danau dengan air yang berputar di dalamnya.

Lubang ini pun benar-benar ada di Danau Berryessa, dan air yang ada di dalamnya seolah-olah menyedot permukaan danau.

Dilansir dari Science Alert, Senin (11/4/2022) warga menyebut lubang itu sebagai "Glory Hole" bahkan ada pula yang menamainya sebagai "mulut neraka."

Kendati pusaran air di lubang itu tampak akan membawa Anda ke tempat mengerikan, namun ternyata lubang tersebut adalah spillway atau saluran untuk mengontrol kapasitas air di danau dan waduk.

Sekitar tahun 1950-an para insinyur sengaja membangun lubang tersebut, sebagai alternatif dari saluran samping yang lebih klasik untuk baik mandi maupun wastafel.

Baca juga: Lubang Aneh di Permukaan Mars, Mungkinkah Ungkap Tanda Kehidupan?

Mereka menggunakan lubang aneh Gerbang Neraka dibangun untuk mengontrol aliran air, agar tidak keluar dari bendungan atau tanggul di Danau Berryessa tersebut.

Strukturnya dikenal sebagai bell-mouth (mulut lonceng), dan telah digunakan untuk mengontrol ketinggian air di sejumlah bendungan lain di seluruh dunia.

Glory Hole di Napa sendiri adalah salah satu saluran pembuangan yang lebih dikenal, lantaran cukup menarik untuk dilihat.

Berdasarkan catatan The New York Times tahun 2017, ratusan orang rela berdesakkan untuk melihat "gerbang neraka" yang menganga itu.

Tak hanya sampai di situ saja, di tahun 2019 ribuan warga juga asyik mengamati bagian dalam lubang yang tampak gelap. Hal ini dilakukan untuk menjawab rasa penasaran mereka mengenai apa yang ada di dalamnya.

Kendati menarik untuk ditonton, lubang aneh di tengah danau di CaliforniaGlory Hole dilaporkan pernah memakan korban. Pada tahun 1997 silam, seorang wanita menjadi korban jiwa setelah berenang ke struktur semen di dekat lubang.

Baca juga: Mengenal Sumur Barhout, Lubang Misterius yang Dijuluki Sumur Neraka

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com