Lubang Aneh di Permukaan Mars, Mungkinkah Ungkap Tanda Kehidupan?

Kompas.com - 04/03/2020, 19:32 WIB
Lubang aneh di permukaan planet Mars. Lubang aneh di permukaan planet Mars.


KOMPAS.com - Mars adalah tempat yang liar, namun keindahan planet ini benar-benar mengagumkan. Hal itu terlihat dari foto-foto yang diabadikan Badan Antariksa Amerika (NASA) yang menunjukkan lubang aneh di permukaannya.

Namun, ilmuan melihat objek itu bukan gunung, tetapi lebih terlihat seperti cekungan tajam, seperti sebuah kerucut, dan ternyata merupakan sebuah lubang.

Foto ini dipublikasikan di blog NASA dan Astronomy Photo of the Day (APOD). 

Melansir Science Alert, Rabu (4/3/2020), lubang tersebut bukan hasil eksperimen tambang. Itu adalah langit-langit dari sebuah tabung lava, produk dari aktivitas vulkanik kuno di bawah permukaan Mars.

Baca juga: NASA Abadikan Foto Debu Setan di Permukaan Mars, Apa Itu?

Lokasi dari lubang tersebut berada di lereng barat gunung berapi Pavonis Mons. Pada wilayah sekitarnya terdapat tabung lava mengular yang panjang, fitur patahan yang disebut grabens, dan kawah vulkanik besar itu sendiri.

Pengamatan lebih dekat menunjukkan bahwa cekungan tersebut merupakan langit-langit yang akan membuka permukaan ke tabung lava di bawahnya.

Cekungan itu berongga karena terkadang aliran lava dapat memadat di permukaan. Seiring berjalannya waktu, bagian atapnya runtuh dan menciptakan lubang di langit-langit.

Sementara lava lainnya tetap mengalir di bagian bawah. Kemudian, aliran tersebut bergerak meninggalkan goa tabung lava.

Baca juga: Keindahan MARS, NASA Potret Batu Berpasir di Planet Merah

Hasil analisa mengungkapkan bukaan dari lubang ini sampai dengan 35 meter. Sedangkan bagian teratas tumpukan reruntuhan lava terlihat berada pada kedalaman sekitar 28 meter.

Para ilmuwan mencoba menghitung volume kedalaman tabung lava dengan menggunakan peta digital.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X