Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] Louis van Gaal Idap Kanker Prostat | 5 Manfaat Jahe | Kepulauan Raja Ampat Segitiga Terumbu Karang Dunia

Kompas.com - 06/04/2022, 07:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Pelatih timnas sepakbola Belanda, Louis van Gaal mengaku sedang berjuang melawan kanker prostat. Kabar ini menjadi salah satu berita populer Sains sepanjang Selasa (5/4/2022).

Kanker prostat adalah salah satu jenis kanker yang paling umum pada pria. Penyakit ini terjadi pada prostat, kelenjar kecil berbentuk kenari pada pria.

Banyak kanker prostat yang tumbuh melambat dan terbatas pada kelenjar prostat, di mana kemungkinan tidak menyebabkan kerusakan yang serius.

Jahe adalah salah jenis rimpang paling sehat. Ada banyak manfaat jahe yang dapat memberikan kebaikan pada kesehatan tubuh.

Ulasan tentang 5 manfaat jahe menjadi salah satu artikel menari dan populer di kanal Sains Kompas.com sepanjang Selasa hingga Rabu (6/4/2022) pagi ini.

Mewarnai berita populer Sains sepanjang Selasa, yakni kabar dari kelompok perempuan Waifuna di Kampung Kapatcol, Distrik Misool Barat, Kabupaten Raja Ampat yang melakukan buka sasi setelah tutup selama setahun.

Sasi adalah salah satu praktik adat untuk mengelola sumber daya alam secara berkelanjutan yang masih diterapkan hingga saat ini di wilayah Maluku dan Papua.

Keindahan alam Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat, telah terkenal. Tak hanya kecantikan alam pulau-pulau kecilnya, tetapi juga kekayaan biota laut yang hidup bergantung pada segitiga terumbu karang dunia. Di kepulauan inilah salah satu surga terumbu karang dunia tersimpan.

Berikut beberapa rangkuman berita populer Sains sepanjang Selasa (5/4/2022) hingga Rabu (6/4/2022) pagi.

Louis van Gaal idap kanker prostat

Mantan pelatih Manchaster United, Louis van Gaal mengaku mengidap kanker prostat, dan hal itu pun hanya diketahui beberapa teman dan keluarganya.

Penyakit kanker prostat seperti yang dialami Louis van Gaal ini, jika terdeteksi lebih awal, saat masih terbatas pada kelenjar prostat, mempunyai peluang terbaik untuk pengobatan yang berhasil.

Sejauh ini, belum dapat diketahui secara pasti apa penyebab kanker prostat yang banyak dialami oleh pria.

Kendati demikian, diketahui bahwa kanker prostat dimulai dari sel-sel di prostat yang mengembangkan perubahan dalam DNAnya.

Perubahan akan membuat sel tumbuh dan membelah lebih cepar dibandingkan sel normal, sedangkan sel-sel abnormal dapat terus hidup, bahkan saat sel-sel lain akan mati.

Akumulasi sel-sel abnormal itu akan membentuk tumor yang dapat tumbuh untuk menyerang jaringan didekatnya. Pada waktunya, beberapa sel abnormal dapat pecah dan bermetastasis ke bagian tubuh lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com