Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mematikan Lampu Selama 1 Jam, Berapa Besar Efek Earth Hour?

Kompas.com - 27/03/2022, 16:00 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comEarth Hour adalah acara tahunan yang dilakukan secara global di semua negara. Pada dasarnya, Earth Hour dilakukan dengan cara mematikan lampu selama 1 jam bersama-sama. Banyak masyarakat yang sangsi dengan dampaknya untuk Bumi. Apa efek Earth Hour?

Apa itu Earth Hour?

Earth Hour adalah acara yang diinisiasi oleh WWF, sebuah organisasi global yang bergerak di bidang perlindungan lingkungan dan planet. Acara ini pertama kali diselenggarakan di Sydney, Australia tahun 2007.

Acara ini diselenggarakan dengan mematikan lampu selama 1 jam bersama-sama. Acara ini telah banyak menginspirasi masyarakat dan menyelenggarakan acara ini bersama-sama di 185 negara. Sehingga, acara ini diselenggarakan sebagai acara tahunan setiap akhir Maret.

Aksi ini dilakukan untuk memulai aksi kepedulian terhadap perubahan iklim. Akhir Maret dipilih karena merupakan musim semi di bagian utara Bumi dan musim gugur di bagian selatan. Pada waktu ini, waktu matahari terbenam terjadi paling dekat dan diyakini akan memberi dampak yang paling besar bagi Bumi jika lampu dimatikan bersamaan.

Baca juga: Gerakan Mematikan Lampu Selama Satu Jam, Catat Tanggal Earth Hour 2022

Efek Earth Hour

Durasi aksi yang singkat, yaitu hanya 1 jam, membuat banyak orang sangsi akan efek atau dampak yang diberikan. Awalnya, kegiatan ini memang dibuat sebagai aksi simbolis saja. Penyelenggara tidak berharap banyak dengan pengurangan energi dan reduksi kadar karbon.

Namun, aksi ini ternyata memberikan dampak yang nyata. Dilansir dari Science Direct, data dari 10 negara menunjukkan acara Earth Hour mampu mengurangi konsumsi listrik dengan rata-rata 4 persen.

Selain itu, aksi mematikan lampu selama 1 jam ini juga meningkatkan kesadaran masyarakat tentang isu lingkungan. Isu lingkungan sangat penting untuk diketahui dan menjadi perhatian setiap manusia. Manusia dalam kehidupannya sangat bergantung pada lingkungan.

Sayangnya, kegiatan manusia yang tiada henti banyak menyebabkan rusaknya lingkungan. Kegiatan Earth Hour ini terbukti mampu meningkatkan kesadaran manusia untuk menjaga lingkungan dengan aksi sekecil apapun.

Efek selanjutnya adalah Earth Hour mengingatkan kita bahwa untuk menyelesaikan isu lingkungan tidak bisa diatasi sendirian. Isu lingkungan harus diatasi bersama oleh seluruh manusia.

Jadi, apa kamu berpartisipasi dalam kegiatan Earth Hour tahun ini?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com