Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Derajat Kesehatan dan Kualitas Hidup Lansia, Begini Langkah Pemerintah

Kompas.com - 25/03/2022, 18:30 WIB
Mela Arnani,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lansia menjadi salah satu kelompok rentan yang seharusnya mendapatkan perhatian lebih terkait kondisi kesehatannya.

Meskipun angka harapan hidup lansia di Indonesia meningkat secara signifikan dalam 60 tahun terakhir, posisi negara kita masih lebih rendah dibandingkan negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Menteri Kesehatan RI dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD-KEMD, Ph.D dalam Webinar Kolaborasi Riset Penuaan yang dalam rangka Peresmian Laboratorium Gerontologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada Jumat (22/3/2022).

Baca juga: 4 Kelompok Paling Berisiko Saat Terinfeksi Covid-19, Salah Satunya Lansia

Dante menjelaskan, meskipun angka harapan hidup lansia meningkat, usia lanjut diikuti dengan penurunan fungsional tubuh yang disebabkan aspek biologis, fisiologis, psikologis, dan sosial.

Ia menambahkan, sebanyak dua dari lima lansia atau 43,22 persen mengeluhkan gangguan kesehatan dalam satu bulan terakhir.

“Satu dari lima lansia (22,48 persen) mengalami sakit dalam satu bulan terakhir,” tutur Dante, Jumat (25/3/2022).

Disebutkan bahwa satu dari empat lansia masih merokok dan rata-rata merokok setiap hari, sementara 5,26 persen lansia dirawat di rumah sakit dalam satu tahun terakhir.

Hal tersebut, lanjut Dante, berakibat pada penyakit tidak menular pada lansia meningkat secara signifikan dibandingkan kelompok umur lainnya, seperti diabetes, penyakit jantung, stroke, dan hipertensi.

“Selain jumlah penderita penyakit tidak menular yang meningkat, persentase kematian ikut meningkat, akibat kardiovaskular, keganasan, diabetes, meningkat antara tahun 1990 dan 2019,” tuturnya.

Indikator peningkatan derajat kesehatan dan kualitas hidup lansia

Dante menjabarkan, terdapat empat indikator dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan dan kualitas hidup lansia, yaitu:

1. Meningkatkan status gizi dan pola hidup yang sehat

2. Memperluas pelayanan kesehatan bagi lanjut usia

3. Menurunkan angka kesakitan lanjut usia

4. Memperluas cakupan perawatan jangka panjang bagi lanjut usia

Baca juga: 4 Tips Mengatur Pola Makan yang Sehat untuk Lansia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com