Kompas.com - 17/03/2022, 09:32 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Koloid merupakan campuran dari dua atau lebih zat yang dicampur tetapi tidak digabungkan secara kimia (dapat terpisah).

Koloid adalah jenis campuran khusus dengan partikel kecil dari satu zat yang tersebar melalui zat lain.

Dilansir dari Science Sparks, krim adalah contoh koloid karena terdiri dari partikel-partikel kecil lemak yang terdispersi dalam air.

Jika krim dimasukkan ke dalam stoples dan dikocok selama sekitar 10 menit, molekul lemak akan saling menempel dan membentuk mentega dan cairan yang disebut buttermilk.

Mentega juga merupakan contoh koloid karena ada molekul air yang terperangkap di antara lemak.

Baca juga: 3 Zat yang Menyebabkan Terjadinya Pencemaran Air dan Cara Mencegahnya

Contoh koloid lainnya adalah mayones yang merupakan campuran minyak dan air yang distabilkan oleh protein dalam kuning telur.

Mayones adalah jenis koloid khusus yang dikenal sebagai emulsi.

Studi tentang koloid

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, studi ilmiah tentang koloid dimulai pada awal abad ke-19.

Investigasi penting di masa-masa awal adalah studi oleh ahli botani Inggris, Robert Brown.

Selama akhir tahun 1820-an, Brown menemukan, dengan bantuan mikroskop, bahwa partikel-partikel kecil yang tersuspensi dalam cairan berada dalam gerakan acak yang terus-menerus.