Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Gejala Long Covid Omicron dan Cara Mencegahnya Menurut Ahli

Kompas.com - 01/03/2022, 17:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Varian Omicron tidak hanya menghantui masyarakat dengan cepatnya varian ini menyebar. Namun juga dengan bagaimana penyakit ini menyebabkan long covid setelah sembuh. Apa itu long covid dan bagaimana gejalanya?

Long covid

Long covid adalah kumpulan gejala jangka panjang yang timbul setelah seseorang sembuh dari Covid-19. Rupanya, fenomena long covid ini menarik perhatian para ahli karena cukup banyak orang yang merasakan efek long covid ini.

Long covid bisa menyerang siapapun, baik pasien yang bergejala ringan, maupun yang bergejala berat hingga dirawat di rumah sakit. Durasi fase long covid bervariasi dari 4 minggu hingga berbulan-bulan setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Gejala long covid Omicron

Varian Omicron yang paling banyak menyebabkan lonjakan kasus Covid-19 di berbagai negara diduga berpotensi menimbulkan long covid. Namun, hingga saat ini belum ada data yang cukup untuk menyimpulkan long covid apa saja yang dihasilkan varian Omicron.

Terdapat dua pendapat mengenai durasi minimal suatu gejala dapat dikatakan long covid. CDC mengatakan gejala tersebut dirasakan setidaknya 4 minggu, sedangkan di Inggris, pasien harus merasakan gejala tersebut selama minimal 3 bulan untuk dianggap long covid.

Selain itu, Omicron baru mulai merebak pada November 2021. Ini menyebabkan data pasien yang mengalami long covid belum cukup untuk disimpulkan.

Namun, para ahli meyakini bahwa jumlah pasien yang mengalami gejala long covid lebih sedikit. Hal ini karena sebagian besar pasien telah mendapatkan vaksinasi sehingga meningkatkan imunitas tubuh terhadap virus SARS-CoV-2.

Baca juga: Berpengauh pada Setiap Bagian Tubuh, WHO Peringatkan untuk Mewaspadai Long Covid

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), gejala long covid sangat banyak, dari yang ringan, hingga yang berat. Bahkan tercatat terdapat lebih dari 50 gejala long covid berbeda. Gejala tersebut bisa berdiri sendiri, maupun kombinasi beberapa gejala sekaligus. Berikut ini adalah gejala long covid yang paling banyak dialami:

  • Napas pendek
  • Mudah lelah
  • Sulit berpikir atau berkonsentrasi (brain fog)
  • Batuk
  • Nyeri dada
  • Sakit kepala
  • Nyeri sendi
  • Kesemutan
  • Gangguan tidur
  • Diare
  • Pusing
  • Perubahan penciuman atau indra perasa
  • Perubahan siklus menstruasi

Cara pencegahan long covid

Belum ada cara yang terbukti bisa mencegah long covid. Namun, Professor Lin, profesor spesialis penyakit menular di Rush University Medical Center, merekomendasikan untuk melengkapi vaksin Anda hingga vaksin booster. Langkah ini diyakini bisa menurunkan risiko seseorang mengalami long covid.

Selain itu, beliau juga menyarankan untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan menjaga kebersihan tangan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com