Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karakter Aris dalam Layangan Putus, Mengapa Suami Selingkuh dari Istrinya?

Kompas.com - 11/01/2022, 19:32 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sosok Aris sebagai tokoh utama pria dalam serial web series Layangan Putus diceritakan selingkuh dengan wanita lain Lidya Danira, di saat ia masih berstatus sebagai suami sah dari tokoh Kinan.

Dalam serial web series yang ditayangkan di WebTV itu diceritakan, Kinan (Putri Marino) merupakan ibu dari satu orang anak bernama Rayya (Graciella Abigail) memiliki suami bernama Aris (Reza Rahardian). 

Diceritakan, kehidupan rumah tangga mereka pada awalnya baik-baik saja. Bahkan, banyak orang-orang terdekat, kerabat atau teman dari pasangan suami-istri itu yang merasa iri dengan keharmonisan rumah tangga mereka.

Akan tetapi, dalam salah satu episode Layangan Putus terungkap sang suami yaitu Aris ketahuan berselingkuh dengan perempuan lain bernama Lydia Danira yang diperankan oleh Anya Geraldine.

Ternyata, karakter tokoh Aris yang berselingkuh dari istrinya ini juga mungkin merefleksikan beberapa kisah nyata yang sama dilakukan pria beristri lainnya di luar sana. 

Namun, apa sebenarnya alasan dan penyebab pria atau suami selingkuh dari istrinya?

Hal ini pun dijelaskan oleh Psikoterapi dan kosultan pernikahan, M Gary Neuman. Neuman melakukan survei pada 200 suami selingkuh dan suami yang setia. Hasil surveinya itu ia tuangkan ke dalam buku yang berjudul The Truth About Cheating.

Baca juga: Belajar dari Layangan Putus, Sains Jelaskan Orang Selingkuh Bukan karena Pasangannya

Berikut beberapa hasil survei tentang alasan atau penyebab suami selingkuh dari istrinya, seperti yang dilakukan karakter Aris dalam serial Layangan Putus.

1. Alasan suami selingkuh karena kecewa 

Pria dan seks adalah dua hal yang sulit dipisahkan, tak heran bila banyak yang mengira seks adalah alasan utama pria selingkuh.

Nyatanya, hanya 8 persen pria yang menjawab ketidakpuasan seksual sebagai alasan mereka tidak setia. 

Mayoritas responden yang disurvei Neuman, yakni 48 persen pria mengaku mereka merasa secara emosi kecewa pada pasangan. Rasa marah yang dipendam atau kerap saling menyalahkan satu sama lain akan menyebabkan rasa stres dan kecewa. 

Sayangnya, pria kurang mahir mengungkapkan perasaannya, sehingga istri seringkali tak sadar suaminya sedang butuh perhatian. 

Mencurahkan perhatian pada pekerjaan atau menjalin hubungan dengan orang lain sering dipilih oleh pria untuk mengalihkan perasaan kecewanya. Hal inilah yang kemudian menjadi penyebab suami selingkuh dari istrinya.

Baca juga: Kisah Layangan Putus, Kenapa Orang yang Sudah Menikah Selingkuh?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com