Bagaimana Cara Ular Memproduksi Bisa yang Mematikan?

Kompas.com - 09/01/2022, 12:32 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Ular merupakan salah satu hewan reptil dengan bisa yang berbahaya.

Beberapa ular memiliki bisa yang sangat mematikan bagi manusia, seperti ular king cobra dan black mamba.

Dengan kemampuan melukai hingga membunuh, bagaimana ular memproduksi bisa? Dan apa yang membentuk bisa ular?

Cara ular memproduksi bisa

Dilansir dari BBC Science Focus Magazine, racun ular dibuat oleh organ yang berevolusi dari kelenjar ludah.

Air liur biasa mengandung enzim untuk membantu mencerna makanan saat dikunyah dan seleksi alam memberikan ular lebih banyak enzim beracun dalam air liur mereka.

Baca juga: Ular Derik Dapat Menipu Manusia dengan Suara Ekor, Bagaimana Caranya?

Para ilmuwan di Bangor University telah ini mengurutkan genom ular king cobra dan menemukan bahwa racun dalam bisanya adalah variasi kecil dari protein biasa.

Saat mangsa secara bertahap mengembangkan kekebalan, ular merespons dengan campuran kompleks 50-100 protein berbeda untuk mengubah tekanan darah, mencegah pembekuan darah, dan melumpuhkan saraf.

Kenapa bisa ular dapat membunuh dengan cepat?

Ular tidak memiliki cakar atau rahang yang kuat untuk menangkap mangsanya.

Jika racunnya tidak membunuh cukup cepat, mangsanya dapat melarikan diri, bersembunyi, dan lolos dari jangkauan ular.

Ular berada dalam perlombaan senjata evolusioner dengan mangsanya, yang mengembangkan resistensi yang semakin besar terhadap racun ular.