Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harta Karun Ditemukan di Bawah Sphinx, Tersembunyi di Ruang Rahasia

Kompas.com - 29/12/2021, 09:01 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Para arkeolog menemukan ruangan rahasia seluas 100 meter di bawah patung Sphinx di Mesir, yang diduga berisi harta karun berupa perpustakaan kuno. Mereka menggunakan teknologi pemindaian yang disebut tomologi seismik.

Melansir Express, Jumat (24/12/2021) egyptologist Dr Manu Seyfzadeh dan timnya menggunakan pemindaian tersebut di patung Sphinx.

Para peneliti menyebut, ada beberapa ruang kosong di bawah monumen terkenal itu dan salah satunya adalah ruang berukuran 12x9 meter yang diperkirakan berisi harta karun.

"Jadi mereka menemukan beberapa area di Sphinx yang dapat menjadi ruang kosong. Salah satu ruang kosong itu kami yakini adalah kandidat yang paling mungkin dari Hall of Records," ujar Seyfzadeh melalui kanal YouTube Anyextee.

Untuk diketahui, Hall of Records adalah perpustakaan kuno yang disebut oleh peramal Amerika, Edgar Cayce berada di bawah Sphinx.

Baca juga: Buku Harian Nazi Ditemukan, Ungkap Lokasi Harta Karun Perang Dunia II

 

 

Namun tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa harta karun di bawah Sphinx ini pernah ada.

Kisah Hall of Records sangat populer di antara orang-orang yang memegang teori alternatif Mesir Kuno. Mereka berpendapat, bahwa perpustakaan kuno pernah ditampilkan di bawah Sphinx.

"Ini adalah tempat yang besar dan pemindaian menunjukkan sudut siku-siku serta tepi tajam. Para peneliti beranggapan ini adalah kamar buatan manusia (berada) sekitar lima meter di bawah kita," lanjut Seyfzadeh.

Dia juga memperkirakan, mungkin saat ini ruangan itu sudah terisi air. Sementara harta karun di bawah Sphinx tersebut telah dijarah oleh pemburu harta karun.

Baca juga: Harta Karun Sriwijaya Butuh 2 Hal Ini untuk Dipastikan Kebenarannya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com