Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Jam Terbesar di Dunia, Nomor 1 Terletak di Ketinggian 600 Meter

Kompas.com - 19/12/2021, 12:00 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comJam mekanik ditemukan pada abad ke-13 untuk menggantikan jam matahari yang sebelumnya digunakan sebagai penunjuk waktu. Jam biasa kita gunakan di pergelangan tangan dan di dinding rumah kita.

Selain itu, jam juga menjadi arsitektur di berbagai belahan dunia. Bahkan, arsitektur jam ini menjadi ikon tiap kota atau daerah tertentu karena ukuran dan bentuknya yang luar biasa. Berikut adalah daftar jam terbesar di dunia.

1. Abraj Al Bait, Arab Saudi

Jam terbesar di dunia adalah Abraj Al Bait. Abraj Al Bait adalah kompleks tujuh hotel pencakar langit yang berada di Mekah, Arab Saudi. Menara yang terletak di tengah bernama Makkah Royal Clock Tower adalah tempat jam terbesar di dunia berada. Bangunan ini merupakan bangunan tertinggi kelima di dunia.

Jam ini selesai dibangun pada tahun 2012. Terdapat empat jam besar di setiap sisinya dan masing-masing memiliki diameter 43 meter. Selain itu, jam ini dilengkapi dengan 2 juta lampu LED untuk meneranginya. Jam ini terletak pada ketinggian 600 meter atau di atas bangunan yang memiliki 120 lantai.

2. Istanbul Cehavir, Turki

Jam terbesar keddua adalah Istanbul Cehavir. Bangunan ini merupakan bangunan pusat perbelanjaan dengan atap kaca dan dibangun pada tahun 2005. Jam ini memiliki diameter 32 meter dan sengaja dibangun untuk mengalahkan rekor Floral Clock yang terletak di Tehran, Iran.

Baca juga: 5 Sungai Terbersih di Dunia, Nomor 1 Pernah Jadi Sungai Paling Kotor

3. Surat Flower Clock, India

Surat Flower Clock adalah jam botani terbesar di dunia. Jam ini memiliki diameter 24,25 meter yang terbuat dari tanah dan tanaman. Lengan jam botani ini memiliki berat sekitar 800 kilogram.

Terdapat ruang khusus di bawah jam ini untuk mesin jam raksasa ini. Selain itu, semuanya terbuat dari tanah dan tanaman.

4. Central Do Brasil, Brazil

Jam terbesar keempat berada di Rio De Janeiro, Brazil. Central Do Brasil adalah stasiun kereta api dan merupakan stasiun pemberhentian terakhir. Jam ini berada di ketinggian 135 meter dan memiliki diameter 20 meter. Jam antik ini telah dibangun sejak tahun 1943.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com