Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astronom Temukan Planet Pertama yang Mengorbit 3 Bintang

Kompas.com - 03/10/2021, 20:30 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG


KOMPAS.com - Jika di Tata Surya, planet-planet mengorbit pada satu bintang yakni Matahari, namun studi baru mengungkap, para astronom mungkin telah menemukan planet pertama yang mengorbit tiga bintang.

Tidak seperti Tata Surya kita, yang terdiri dari bintang soliter, para astronom di University of Nevada, Las Vegas meyakini bahwa setengah dari semua sistem bintang, seperti GW Ori, terdiri dari dua atau lebih bintang yang terikat secara gravitasi satu sama lain.

GW Ori adalah lokasi di mana para astronom mengamati fenomena baru, yakni sebuah planet yang mengorbit pada tiga bintang berbeda.

Sejauh ini belum pernah ditemukan, ada planet yang mengorbit tiga bintang atau disebut dengan circumptriple orbit.

Dilansir dari Phys, Minggu (3/10/2021), fenomena baru ini ditemukan para astronom menggunakan pengamatan dari teleskop Atacama Large Millimeter/submillimeter Array (ALMA).

Baca juga: Kenapa Planet di Tata Surya Mengorbit di Bidang yang Sama?

 

Para astronom UNLV menganalisis tiga cincin debu yang diamati di sekitar tiga bintang, yang sangat penting dalam membentuk planet.

Akan tetapi, dalam analisis itu, mereka menemukan celah yang substansial, namun membingungkan, dalam cakram circumtriple.

Selanjutnya, para peneliti menyelidiki asal-usul yang berbeda, termasuk kemungkinan bahwa celat tersebut diciptakan oleh torsi gravitasi dari tiga bintang.

Kendati setelah membangun model GW Ori yang komprehensif, para astronom ini menemukan bahwa penjelasan yang lebih mungkin dan menarik untuk ruang dalam cakram adalah keberadaan satu atau lebih planet masif, seperti Jupiter di alam semesta.

Baca juga: 4 Planet Seukuran Bumi Ditemukan Mengorbit Bintang Mirip Matahari

 

Menurut Jeremy Smallwood, penulis utama dan Ph.D. lulusan astronomi dari UNLV, raksasa gas biasanya merupakan planet pertama yang terbentuk dalam sistem bintang. Planet terestrial seperti Bumi dan Mars kemudian mengikuti.

Planet itu sendiri tidak dapat dilihat, tetapi temuan yang menjadi highlight dalam sebuah studi bulan September di Monthly Notices of the Royal Astronomical Society, menunjukkan bahwa ini adalah planet sirkumtriple pertama yang pernah ditemukan.

Pengamatan lebih lanjut dari teleskop ALMA diharapkan dalam beberapa bulan mendatang, dapat memberikan bukti langsung dari fenomena tersebut.

"(Penemuan planet pertama mengorbit tiga bintang) ini sangat menarik karena membuat teori pembentukan planet benar-benar kuat. Itu bisa berarti pembentukan planet jauh lebih aktif daripada yang kita duga, yang cukup keren," kata Smallwood.

Baca juga: Tata Surya Lain Tertangkap Teleskop Eropa, Planet Mengorbit pada Bintang Mirip Matahari

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com