Astronom Temukan Planet Pertama yang Mengorbit 3 Bintang

Kompas.com - 03/10/2021, 20:30 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Jika di Tata Surya, planet-planet mengorbit pada satu bintang yakni Matahari, namun studi baru mengungkap, para astronom mungkin telah menemukan planet pertama yang mengorbit tiga bintang.

Tidak seperti Tata Surya kita, yang terdiri dari bintang soliter, para astronom di University of Nevada, Las Vegas meyakini bahwa setengah dari semua sistem bintang, seperti GW Ori, terdiri dari dua atau lebih bintang yang terikat secara gravitasi satu sama lain.

GW Ori adalah lokasi di mana para astronom mengamati fenomena baru, yakni sebuah planet yang mengorbit pada tiga bintang berbeda.

Sejauh ini belum pernah ditemukan, ada planet yang mengorbit tiga bintang atau disebut dengan circumptriple orbit.

Dilansir dari Phys, Minggu (3/10/2021), fenomena baru ini ditemukan para astronom menggunakan pengamatan dari teleskop Atacama Large Millimeter/submillimeter Array (ALMA).